fbpx
CeremonialKlungkung

Wabup Kasta Pimpin Bakti Pengayar di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir

Klungkung,mediapelangi.com-Serangkaian Pujawali di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir Desa Pakraman Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem yang Puncaknya pada Rahina Purnama kelima, Senin (14/11) lalu, Pemerintah Kabupaten Klungkung ngaturang Bakti Penganyar Rabu (23/11). Bakti penganyar dipimpin Wakil Bupati Klungkung Made Kasta beserta Ny. Sri kasta didampingin jajaran SKPD dilingkungan Kabupaten Klungkung.

Menurut  Ida Bagus Made Bayu Patiputra selaku panitia wewantenan nganyar Pemkab Klungkung mengatakan, bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir. “Saat pujawali umat diwajibkan mempersembahkan segala baktinya kehadapan Ida Bhatara dengan satu harapan Ida Bhatara yang berstana disini selalu memberikan berkah. Bakti penganyar diawali dengan natab banten prayascita” kata Ida Bagus Made Bayu Patiputra.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta bersama rombongan lainnya dari Pemkab Klungkung dan pemedek lainnya melaksanakan pesembahyangan bersama. Sebelum pesembahyangan, seluruh umat mengawali dengan melaksanakan Puja Trisandya. Persembahyangan berlangsung hikmad dipuput Ida Pedanda Made Tembau Griya Kulon Aan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung.  Seusai pesembahyangan, Wabup kasta juga menghaturkan punia yang diterima Penglingsir Pura Pasar Agung Giri Tolangkir  Jero Mangku Gede Umbara. Ida Bathara Nyejer selama 11Hari dan akan disineb pada tanggal 25 November 2016 mendatang.

Baca Juga:  Bupati Puji Kekompakan Warga Ngaben di Desa Adat Kelating

Setelah mengaturkan Bakti Pengayar di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir,Pemkab Klungkung juga mengaturkan Bakti Pengayar  di Pura Kentel Gumi Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung, yang juga akan disineb pada tanggal 25 November 2016 mendatang.(hmsklk)mp

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.