fbpx
CeremonialJembrana

Pecinta Burung Merpati Jembrana, Berkompetisi Dalam Lomba Balap Merpati

Jembrana,mediapelangi.com- Ratusan komunitas pecinta  merpati Jembrana berkumpul di pinggir sawah di Desa Banyubiru Jembrana,Minggu(06/08/2017)

Komunitas yang datang dengan membawa puluhan pasang burung merpati yang akan dijagokan guna mengikuti lomba balap burung merpati.

Kegiatan lomba balap merpati ini sama seperti lomba balapan pada umumnya,yakni dengan mencari burung yang tercepat yang lebih dahulu sampai digaris finish dan boleh salah mencari pemiliknya,jika buruh tersebut salah mencari pemiliknya akan dinyatak gugur oleh juri.

Adapun beberapa kategori perlombaan burung merpati ini tergantung dari jarak terbang,yakni kategori 500 -700 meter hingga 2 kilometer.Lomba yang mulai dari garis start pemilik  merpati akan melepas burung merpati yang jantan,sementara di garis finish sudah menunggu burung merpati betina yang dibawa oleh pemilik lainnya.

Para pemilik burung sudah yang menunggu digaris finish harus berada di tengah-tengah ban yang sudah dicat warna merah dan putih,jika saat burung jantan mencapai garis finish dan kaki pemilik keluar dari ban maka akan dinyatakan gugur.

Baca Juga:  Bupati Puji Kekompakan Warga Ngaben di Desa Adat Kelating

Agar bisa burung merpati bisa terbang dengan cepat maka merpati yang digunakan haruslah burung merapti pilihan,dengan memiliki bentuk tubuh yang ramping serta sayap yang lebar.

Panitia lomba balap  merpati Masahri Ramdam,menjelaskan lomba balap  merpati di Kabupaten Jembrana sejatinya sudah ada sejak tahun 1996 silam,namun saat itu peminatnya memang masih sedikit dan malah kian tidak diminati,sementara belakangan ini lewat pecinta burung merpati Jembrana lomba ini kembali dan dibangkitkan lagi yang dikuti sekitar 170 orang peserta yang tersebar dari seluruh Kecamatan di Jembrana,”jelasnya.

Antusias peserta dan semangat mereka sangat ditunjukan dengan gaya dan cara mereka melepas burung kesayanganya.Salah satu peserta Saiful Rahman,dengan asalan karena hoby memelihara burung merpati yang harus serius pemeliharaanya dengan pola makan yang teratur disamping dikasi pakan juga dikasi jamu biar buruh tetap sehat,”ungkapnya.

Agar lebih memberikan semangat bagi pecinta lomba ini,anitia menyiapkan hadiah berupa piagam dan piala serta satu ekor kambing dewasa sebagai hadiah.

Dengan lomba balap burung merpati ini juga akan mampu mengangkat nilai jual burung merpati dimasyarakat.Lomba ini juga ternyata membuktikan jika memang benar burung merpati adalah burung yang setia dengan pasangannya,namun juga tidak jarang juga burung merpati yang ikut dalam lomba ini salah mencari pasangan,bahkan banyak juga yang kesasar.(*)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.