fbpx
SportTabanan

Taman Sehat Ceria Dangin Carik di Padati Pengunjung

Tabanan (Mediapelangi.com)- Pemerintah Kab. Tabanan melalui Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya mengimplementasikan visi pembangunan Kab. Tabanan yaitu “Tabanan Serasi” (Sehat, Sejahtera dan Berprestasi), salah satunya adalah melalui pembangunan taman bermain dan olahraga dengan nama “Taman Sehat Ceria” yang lokasinya berada di pojok barat Laut lapangan Alit Saputra Dangin Carik Tabanan.

Sore hari Minggu (20/8/2017), bertepatan dengan Rerahinan Banyu Pinaruh, nampak puluhan anak-anak asyik bermain memanfaatkan fasilitas pemainan yang disediakan di tepat ini seperti jungkitan, ayunan, prosotan dan sebagainya. Setidaknya ada sekitar 7 jenis perangkat permainan yang berbeda  di pasang di lokasi ini. Disamping untuk berolahraga banyak juga warga Tabanan datang untuk refreshing duduk-duduk bersama keluarga.

Sementara tidak jauh dari lokasi permainan masih berdiri papan informasi yang mencantumkan data bahwa Taman Bermain dan Taman Olahraga dikerjakan selama 45 hari sejak ditandatanganinya kontrak pada tanggal 31 Mei 2017 dengan Nomor Kontrak 660.1/2814/PSL. DLH. Artinya pada bulan Agustus 2017 ini fasilitas bermain anak-anak tersebut baru saja selesai dibangun.

Baca Juga:  Warga Binaan Hindu di Lapas Tabanan Ikuti Dharma Wacana

Upaya pemerintah Tabanan untuk membangun sarana rekreasi dan olahraga murah bagi warga kota Tabanan patut kita apreasiasi karena berekreasi dan berolahraga merupakan kebutuhan dasar yang sangat bermanfaat untuk mejaga kesehatan. Dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, maka pada akhirnya akan berhubungan erat dengan derajat kesejahteraan masyarakat Tabanan dalam lingkup yang lebih luas.

Kehadiran taman bermain dan taman olahraga di sudut lapangan Alit Saputra juga berdampak terjadinya perputaran ekonomi khususnya bagi pelaku usaha ekonomi mikro seperti menjual bubur bali, jaje bali, minuman dan juga permainan anak-anak. Selain itu bagi orang tua bisa juga melakukan pendidikan lingkungan bagi anak-anak seperti mengenal nama dan jenis pohon yang banyak tumbuh di kawasan tersebut seperti pohon spatudia, mahoni, cempaka, sangon, dan sebagainya.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Tabanan, Tujuh Parpol Jalin Komunikasi Bangun Koalisi

Photo : Hutan Kota Dangin Carik dengan berbagai jenis pohon

Nama lapangan Alit Saputra diambil dari salah satu nama pahlawan kemerdekaan asal Tabanan yang pembangunannya dimulai pada tahun 1975 di era Bupati Tabanan I Wayan Staat Dharmanaba (1973-1978). Lapangan ini boleh dikatakan sebagai “Ikon keramahan” kota Tabanan karena masih menyediakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat khususnya kalangan anak-anak.

Belajar dari tempat atau kota-kota lain, fasilitas bermaian anak-anak yang dibangun dikawasan publik membutuhkan pengawasan dan perawatan rutin agar tidak membahayakan bagi anak-anak atau malah dimanfaatkan oleh kalangan orang dewasa sehingga fasilitas yang tersedia rusak sebelum waktunya (*/mp).


Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.