fbpx
GianyarSosial

Idul Adha di Gianyar, Dilarang Potong Sapi Betina Produktif

Gianyar,mediapelangi.com-Idul Adha warga muslim di Gianyar haramkan potong hewan kurban,sapi betina yang masih produktif.Selain itu juga untuk menjaga kwalitas serta kesehatan sapi,disamping juga untuk meningkatkan produksi sapi lokal.

Diantaranya sapi yang menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan kurban yang akan dibagikan ke warga sekitar dan fakir miskin dicari sapi jantan yang sehat dan sudah sebelum dipotong sudah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas terkait.

Salah satu tukang potong hewan yang berhasil ditemui Haji Mohamad Sumadi,mengatakan pihak penyelenggara serta pemerintah daerah tidak memperbolehkan untuk memotong sapi betina yang masih produktif,karena jika dipotong akan menurunkan produktifitas sapi Bali,”ungkapnya.Jumat(1/09/2017).

Baca Juga:  Sukses Pemilu 2024: Kepedulian Perbekel Desa Bantas kepada Petugas Linmas yang Sedang Sakit

Menurut Haji Sumadi,diharapkan supaya bisa memotong sapi jantang, kecuali sudah tidak produktif atau jubeng, dan ini memang khusus didatangkan dari para donatur, dan dagingnya dibagikan untuk kelompok pengajian dan juga dibagikan kepada warga sekitar dan fakir miskin,”jelasnya.

Sementara itu Kasi Kesehatan Hewan I Ketut Ariasa,mengungkapkan untuk pemotongan hewan kurban tidak dibenarkan untuk memotong sapi yang masih produktif,karena bisa menurunkan produksi sapi Bali nantinya.

Baca Juga:  Sukses Pemilu 2024: Kepedulian Perbekel Desa Bantas kepada Petugas Linmas yang Sedang Sakit

Larangan ini sudah mulai dilakukan mulai tahun ini dan himbauan tidak hanya untuk warga muslim,warga non muslim pun diharuskan untuk mengikuti peraturan khusus yang ditetapkan pemerintah untuk tidak memotong sapi betani yang masih produktif,”harapnya.(*mp).


Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.