fbpx

Babinsa Koramil 01/ Klungkung Bangun Jamban bagi Warga

Klungkung,mediapelangi.com-Kebersihan dan kenyamanan menjadi idaman semua orang dengan lingkungan yang bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat. Klungkung merupakan tujuan wisata selalu akan menjaga kebersihan lingkungan sampai ke Desa/Kelurahan.

Desa/ kelurahan didorong untuk menata lingkungan, melalui program sanitasi prebekel dan lurah gencar menghimbau warganya agar tiap-tiap rumah memiliki jamban, disamping itu juga penataan tempat sampah dan perbaikan drenase.

Kodim 161O/Klungkung melalui Babinsanya menyambut baik program tersebut  membantu masyarakat untuk mewujudkan satu jamban tiap rumah dikerjakan secara bertahap bersama masyarakat dan aparat Desa secara simbolis diserahkan pada Kamis (14/09/2017).

Baca Juga:  Ketua TP PKK Bali Gelar Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi di Kota Denpasar

Program yang telah berjalan sejak juni 2017 menyasar masyarakat yang tidak tidak memiliki jamban diwilayah Klungkung, sampai saat ini telah membuat sekitar 415 jamban tersebar didesa – desa di Kabupaten Klungkung menggunakan dana dari pemerintah, para donatur  yang ada di desa setempat dan ada juga dari pemilik rumah,anggota Koramil membantu dalam pengerjaan. Ni Wayan Wati (69 ) sebagai buruh  di Dusun Bajing Desa Tegak Klungkung pembuatan jamban dibantu oleh anggota Baninsa Koramil 01/Klungkung Pelda Ketut Medal, pengerjaan selama 7 hari jamban sudah bisa digunakan.

Baca Juga:  Peringati HUT KORPRI ke 51, Sekda Bali Serahkan 51 Kursi Roda ke Yayasan Bunga Bali

Program Pembuatan jamban keluarga dengan tujuan agar seluruh warga diharapakan memiliki jamban sehingga tidak membuang tinja sembarangan yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Camat Klungkung yang ditemui saat meninjau pembuatan jamban mengatakan  mengimbau kepada prebekel/Kelurahan merencanakan program sanitasi lingkungan pembuatan jamban keluarga melibatkan instansi terkait dan para donatur karana anggaran minim. Mudah-mudahan kedepan bisa dialokasikan lagi anggaran dari pemerintah.
Salah satu warga Ni Wayan Wati yang menerima bantuan jamban mengucapkan terima kasih atas bantuannya”ucapnya.(*mp).

 

 

error: Konten ini terlindungi.