fbpx
CeremonialTabanan

Harhubnas 2017 Komitmen Membangun Transportasi Yang Berkeadilan, Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih

Tabanan,mediapelangi.com-Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, gelar Apel Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2017 di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan, Senin (18/0/20179).

Harhubnas diperingati setiap tahunnya pada 17 september, dengan digelarnya apel perayaan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat kerja insan perhubungan sesuai target Kementrian Perhubungan RI, yakni ; melakukan pelayaanan secara efisien, akuntabel, transparan dan tanpa ada penyelewengan.

Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali, I.GA Sudarsana dipercaya memimpin Apel Harhubnas 2017 tersebut, dengan dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Perhubungan se-Provinsi Bali beserta staf yang memadati lapangan alit saputra. Serta nampak pula seluruh FKPD Kabupaten Tabanan, Asisten I Sekkab Tabanan I Wayan Yatnanadi, Asisten II I Wayan Miarsana, Kepala Dinas Perhubungan Tabanan Agus Hartawiguna, beserta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Harhubnas 2017,dikatakan momentum yang tepat bagi insan Perhubungan untuk melihat kembali kontribusinya, di dalam memajukan sektor transportasi Indonesia. Yang secara makro , tentu saja mewujudkan harapan dan keinginan program Nawacita Presiden Republik Indonesia. Pembangunan Indonesia sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. “Karenanya, peranannya yang amat strategis itu kedepan sektor transportasi harus dapat menjalin konektifitas antar pulau dan harus mampu mewujudkan aksebilitas di seluruh wilayah tanah air Indonesia. Menjamin keselamatan pengguna jasa dan menyediakan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dan prima bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Bali I.GA Sudarsana, saat membacakan sambutan Kementrian Perhubungan.

Pihaknya juga menegaskan sebagai regulator, bukan semata mata menetapkan kebijakan sepihak, namun tetap mengusung aspirasi masyarakat dalam mendukung roda perekonomian, memperlancar mobilitas penduduk dan arus barang. Serta berperan dalam konektifitas antar daerah, untuk itu beberapa deregulasi yang mendukung paket kebijakan ekonomi kelimabelas sektor logistic. Dan dapat mendorong peningkatan iklim investasi telah diselesaikan. Deregulasi tersebut antara lain, pengaturan untuk pencabutan persyaratan kepemilikan modal badan usaha di bidang pengusahaan dibidang angkutan laut, keagenan kapal, pengusahaan bongkar muat dan badan usaha pelabuhan. Pemindahan barang yang melewati batas waktu penumpukan atau long stay di pelabuhan utama Balawan, Tanjuk Priok, Tanjung Perak, dan Pelabuhan Utama Makasar. Penyelenggaraan dan pengusahaan jasa pengurusan transportasi dan pengamanan kargo, pos serta rantai pasok, kargo dan pos yang diangkut pesawat udara, tegasnya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Tanam Bibit Cabai, Terong, dan Tomat

Dimintanya insan perhubungan harus bergerak cepat dan berubah, mengikuti kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan yang global. “Kita harus memiliki kemampuan beradaptasi , berinovasi dan menembus batas untuk mengetahui realitas sebenarnya di masyarakat. Dilanjutkan dengan melakukan perubahan pola kerja baru dalam menciptakan sistem transportasi yang handal, regulasi yang tepat, penyediaan prasarana yang baik dengan dukungan anggaran yang memadai,” harap pihaknya.

Hal tersebut dikatakannya agar sejalan dengan tema harhubnas tahun 2017 yaitu, “Melalui peringatan Harhubnas tahun 2017 Kita Tingkatkan Solidaritas , Sinergitas dan Kerja Bersama Dalam Mewujudkan Transportasi yang Handal, Berdaya Saing dan Memberikan Nilai Tambah”.

Diingatkan juga, untuk mewujudkan semua hal tersebut, Insan perhubungan diajaknya agar menjauhi segala bentuk paraktik KKN dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta berkomitmen dalam membangun sektor transportasi yang yang berkeadilan agar dapat mewujudkan Pemerintahan yang Bersih. Sehingga akan sesuai dengan target kementrian perhubungan yaitu melakukan pelayaanan secara efisien, akuntabel, transparan dan tanpa ada penyelewengan, tambah pihaknya, @hms tbn-(*mp)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.