fbpx
PertanianTabanan

Drone Penyemprot Pupuk Cair Siap Beraksi di Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.COM – Teknologi pertanian terus berkembang. Pesawat tanpa awak (drone) kini bisa dipakai untuk menyemprot pupuk di sawah, seperti yang di laksanakan di Subak Mela, Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Senin (14/2/2022).

Berdasarkan pantauan di lokasi, drone pertanian yang memliki lebar sekitar 1 meter lebih itu terbang membawa sekitar 10 liter pupuk cair organik dan menyiramkannya secara otomatis sesuai luas lahan yang sudah di setting operator drone.

Pesawat nirawak itu kemudian terbang sambil menyiram tanaman padi dibawahnya secara bolak balik.

Ketua Himpunan KerukunanTani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan mengatakan, dengan silimasli mengunakan drone untuk menyemprot pupuk di sawah. Mengingat untuk menyemprotkan pupuk di satu hektar sawah membutuhkan waktu sepuluh menit.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta sarana edukasi kepada petani di KabupatenTabanan dalam menerapkan pemupukan yang presisi menggunakan teknologi drone pertanian yang lebih mudah dan menyenangkan.

Dengan adanya penyemprotan dengan drone ini saya rasa sangat efisien. Kalau menggunakan tenaga manusia mungkin waktunya lumayan lama.

“Dengan adanya teknologi penyemprotan menggunakan drone dinilai lebih efektif dan efesien. Program HKTI yang akan di lakukan di seluruh Bali,” kata Edi Wirawan yang juga Wakil Bupati Tabanan ini.[mp]

 

 

 

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.