fbpx

Buka Lomba Mancing, Ketua DPRD Tabanan Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Irigasi Subak

TABANAN,MEDIAPELANGI.com – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga mengajak masyarakat terutamanya Sekaa Teruna untuk ikut menjaga kebersihan dan keasrian aliran irigasi subak.

“Kebersihan irigasi subak maupun aliran sungai menjadi tanggungjawab kita bersama. Mari kita bersama-sama menjaganya, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke aliran subak dan sungai, ” tegas Made Dirga saat membuka acara lomba mancing STT Yowana Eka Satya, Desa Pakraman Pangkungkarung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Minggu (12/6/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPR RI I Made Urip, anggota DPRD Tabanan Wayan Widnyana, Perbekel dan Bendesa Adat Pangkungkarung, serta tokoh masyarakat setempat. Pembukaan lomba yang diikuti ratusan peserta tersebut ditandai penebaran ikan.

Pada kesempatan itu, Dirga menyampaikan agar masyarakat ikut menjaga saluran irigasi Subak dari sampah plastik sehingga proses menanam padi tidak terganggu.

“Saluran irigasi itu denyut nadi pertanian. Semua orang wajib ikut memelihara,” ujar Dirga.

Baca Juga:  Digelontor Dana Rp 37 Miliar, Pembangunan Darmaga Danau Beratan Belum Rampung

Menurut politisi PDI Perjuangan asal Banjar Sakeh, Desa Sudimara ini menilai, disamping itu dengan kegiatan lomba mancing bisa merangsang masyarakat untuk gemar makan ikan. Apalagi salah satu program pemerintah adalah mencegah stunting.

“Makan ikan kan banyak gizinya. Harus dibiasakan dari lingkungan paling dekat. Lomba mancing seperti ini salah satu pilihannya,” ujar Dirga.

Dirga juga menambahkan, lomba mancing adalah sarana hiburan murah dan merakyat yang bisa diakses masyarakat. Ini hal yang produktif bisa melepaskan stres dan rasa penat.

“Melalui lomba mancing ini kami harapkan, tidak hanya mampu sebagai media untuk menyalurkan hobi mancing, namun juga dalam upaya menjaga aliran sungai biar tetap bersih. Tentu aspek lingkungan menjadi hal yang prinsip dalam rangka menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan di kabupaten Tabanan, ” tambahnya.

Baca Juga:  Perumda Air Minum TAB Tabanan Komitmen Beri Pelayanan Optimal kepada Pelanggan

Sementara itu menurut salah seorang pemancing, Putu Artha mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang mendukung kegiatan seperti itu. Ia mengaku senang hobinya bisa tersalurkan.

“Semoga pemerintah terus mendukung kegiatan seperti ini, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya langsung,” ujarnya.

Selain itu ikut bersama-sama menjaga ekosistem saluran irigasi subak yang ada di desa adat Pangkungkarung. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sesuai harapan dan dapat memberikan manfaat bagi generasi muda dalam mengembangkan kemampuan, yang pada dasarnya sudah dimiliki sejak mengenal tentang pentingnya untuk disiplinkan diri,” tegasnya

Pada lomba mancing yang diikuti ratusan peserta ini, panitia menyediakan hadiah utama sebesar Rp 5 juta. Peserta antusias mengikuti lomba dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Kegiatan lomba berlangsung dari pagi hingga menjelang sore.[*]

error: Konten ini terlindungi.