fbpx
PeristiwaTabanan

Bule Panjat Pohon Keramat Gelar Upacara Prayascita Durmanggala

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pasca memanjat pohon keramat di Pura Dalem, Setra Desa Adat Klaci Kelod, Banjar Dakdakan, Desa Abian Tuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan, WN Australia Samuel Lockton, akhirnya menggelar upacara Prayascita Durmanggala di Pura Prajapati dan Upacara digelar di bawah pohon beringin yang dipanjat, Senin (13/6/2022).

Samuel Lockton mengaku, bahwa dirinya meminta maaf atas kejadian tersebut dan membuat heboh warga Bali, khususnya Tabanan. Dan atas hal ini dalam waktu dekat dirinya juga akan pulang kembali ke negara asalnya.

Sementara itu menurut Bendesa Adat Klaci Kelod, I Gusti Made Astawa mengatakan, upacara yang digelar adalah Prayascita Durmanggala.

Dimana digelarnya upacara tersebut karena ada “kerusuhan” yang dibuat oleh seorang warga negara asing dengan memanjat pohon beringin. Atas kejadian itu, warga masyarakat adat desanya tidak terima, dengan alasan, karena pohon beringin itu dikeramatkan dan disucikan. Dari pihak desa sendiri memang sudah memaafkan atas kejadian ini.

Menurut dia, bahwa karena pemahaman atau keyakinan yang beda, maka kemudian tidak mengetahui bahwa pohon beringin itu dikeramatkan. Dan sejatinya, para prajuru desa adat dan masyarakat atau pemimpin umat setempat, hanya mengijinkan untuk memasuki kawasan itu untuk sembahyang masuk ke dalam pura. Selain itu maka tidak akan diijinkan.

“Dan secara pribadi dalam upacara memang dirinya Samuel, meminta hadir untuk meminta maaf,” ungkapnya.

Ia menambhakan, bahwa atas kejadian itu pihaknya akan melakukan pengawasan dan rapat dengan masyarakat. Sejatinya, pohon beringin ini sudah dipagar.

Hanya saja karena akar yang kenakalan cukup banyak, membuat kondisi pagar roboh. Karena itu, pihaknya nantinya akan mengkondisikan  dengan masyarakat.

Baca Juga:  Indahnya Berbagi, Polsek Kediri dan Selemadeg Bagikan Takjil Kepada Tahanan

“Setelah upacara ini maka tidak akan ada upacara lagi, sama sepeti halnya ketika dulu memangkas akar phon tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya di beritakan, demi sebuah konten seorang WNA asal Australia nekat memanjat pohon beringin yang disucikan di Kawasan Pura Dalem Banjar Dadakan, Desa Adat Kelaci Kelod, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan Bali, Sabtu (11/6/2022).

WNA asal Australia yang diketahui bernama Samuel Lockton tanpa memakai baju itu nekat memanjat pohon beringin yang berada di depan Pura Dalem.

Warga yang kebetulan melihat kejadian itu meminta bule itu untuk turun.  Setelah petugas dari Polsek datang kelokasi bule tersebut barumau turun dan selanjutnya dibawa ke Polsek Kediri. [mp]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.