fbpx

Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun di Pura Puseh Pagi Tumbang

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pohon beringin berusia ratusan tahun yang tumbuh diareal Pura Puseh Desa Adat Pagi, Desa Senganan, Penebel, Tabanan, tumbang pada Senin (27/6/2022).

Tumbangnya pohon beringin tersebut mengakibatkan bangunan tembok penyengker pura  mengalami kerusakan sepanjang 5 meter.

Kapolsek Penebel AKP I Nyoman Artadana mengungkapkan tumbangnya pohon tersebut diketahui sekitar pukul 08.30 Wita.

Menurutnya, pohon ini tumbang karena telah lapuk dimakan usia. Disamping juga pengaruh cuaca buruk hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Minggu malam.

Baca Juga:  Penuh Semangat Sambut Gempita Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan

“Pada saat itu Bendesa Adat Pagi I Wayan Yastra yang rumahnya berjarak 20 meter dari pura mendengar suara dentuman keras. Sehingga ia keluar rumah, dan mendapati pohon beringin sudah tumbang,” jelasnya.

Diketahui, sejatinya ada dua pohon beringin yang tumbang. Oleh warga sekitar, disebut beringin kembar dan menimpa tembok pura penyengker sebelah utara.

Baca Juga:  Banting Setir Hindari Kendaraan Lain, Angkot Tabrak Pohon

Melihat kejadian tersebut, ia kemudian memberitahukan kepada Krama Adat Pagi untuk melakukan pembersihan.

Personil Polsek Penebel bersama warga masyarakat melaksanakan pemotongan dan pembersihan batang, dahan serta daun pohon beringin yang tumbang.

Untuk pembersihan dan pemotongan pihaknya bersama personel Polsek Penebel dan warga masyarakat. Sementara total kerugian yang dialami mencapai Rp 50 juta.[mp]

 

 

error: Konten ini terlindungi.