fbpx

 Ketua TP PKK Bali Gelar Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi di Kabupaten Klungkung

KLUNGKUNG, MEDIAPELANGI.com – Tanpa mengenal lelah membantu masyarakat, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Prov Bali Ny. Putri Koster menggelar Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi serta Penyerahan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Bali dipusatkan di Kabupaten Klungkung pada Minggu (20/11/2022). Adapun pada kesempatan pagi itu, Ny. Putri Koster menyambangi tiga tempat sekaligus, yaitu Balai Banjar Pau Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Balai Banjar Kemoning Kelurahan Semarapura Kelod, dan Balai Banjar Tengah Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Ketua TP PKK Prov Bali yang juga akrab disapa Bunda Putri itu mengatakan bahwa aksi sosial ini sesuai dengan visi TP PKK yaitu mewujudkan keluarga yang sehat dan cerdas. “Jadi kami turun hari ini juga membawa bantuan yang diberikan untuk kader PKK, Ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), balita dan lansia antara lain untuk membantu asupan mereka,” jelasnya seraya mengatakan bahwa jika Ibu Hamil dan Balita mendapatkan asupan yang baik maka tentu saja akan melahirkan anak yang sehat, cerdas serta berdaya guna.

Terdapat berbagai macam bantuan yang diserahkan dari berbagai pihak dalam aksi sosial yang digagas oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali antara lain diserahkannya 40 dus PMT untuk 40 orang balita oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, penyerahan bantuan berupa bibit tanaman sebanyak 500 pohon oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung, penyerahan 40 paket berisi susu untuk 40 ibu hamil KEK oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bali, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta penyerahan bantuan kaca mata baca sejumlah 800 buah kepada masyarakat.

Baca Juga:  Gubernur Koster dan Ny. Putri Koster Terima Penghargaan Tingkat Nasional untuk Pertumbuhan Kreativitas dan Inovasi Kekayaan Intelektual

Dalam kesempatan tersebut Bunda Putri selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali juga turut menyerahkan 4 ton beras kepada 300 penerima bantuan yang terdiri dari 100 orang masyarakat di masing-masing desa. Masing-masing orang mendapatkan bantuan 20 kg beras disamping juga mendapatkan bantuan 1 krat telur serta 8 kotak susu untuk balita serta 2 kotak susu untuk lansia.

Bunda Putri itu juga menegaskan komitmennya dalam mendorong penurunan angka stunting. Meskipun di Bali jumlah penderita stunting tidak begitu banyak, namun kita tetap harus memberi perhatian agar angka stunting di Daerah Bali dapat segera dituntaskan. Stunting mesti mendapat perhatian serius karena mengancam keberlangsungan generasi penerus bangsa.

Ditambahkannya, stunting yang dapat diartikan sebagai gagal tumbuh kembang di mana tinggi dan berat badan anak tak sesuai dengan usianya, jika hal ini tidak diatasi dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar kader posyandu proaktif terhadap potensi stunting yang ada di lingkungan masing-masing dan segera melakukan koordinasi serta upaya pencegahan dengan menggandeng stakeholder terkait.

Baca Juga:  Peringati HUT KORPRI ke 51, Sekda Bali Serahkan 51 Kursi Roda ke Yayasan Bunga Bali

Pada kesempatan pagi itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih atas perhatian Bunda Putri yang sudah berulang kali ditunjukkan di Kabupaten Klungkung. Ia pun mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh Ny. Putri Koster di hadapan krama Klungkung di tiga kecamatan pagi itu memang nyata dan perlu diterapkan oleh keluarga. “Apa yang disampaikan Ibu akan bisa memotivasi masyarakat, terutama untuk hidup lebih sehat,” ujarnya.

Ia pun menegaskan bahwa sinergitas TP PKK di Kabupaten Klungkung terus dilakukan, baik dengan TP PKK Provinsi hingga TP PKK Desa. Pada pagi itu Suwirta berpesan kepada masyarakat untuk pergunakan bantuan yang diberikan oleh TP PKK Provinsi Bali dengan sebaik-baiknya. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. I Nyoman Gede Anom, Direktur Rumah Sakit Mata Bali Mandara Ni Made Yuniti, Pengurus IBI Bali serta kader PKK dari tingkat Kecamatan hingga Desa.

error: Konten ini terlindungi.