fbpx
DenpasarSport

PAKIS Bali Gelar Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) Majelis Desa Adat Provinsi Bali menggelar Lomba Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati Denpasar, Jumat (Sukra Kliwon Tolu), 25 Nopember 2022.

Lomba senam melibatkan 66 tim yang merupakan perwakilan PAKIS dari 57 kecamatan dan 9 kabupaten/kota se-Bali. Masing-masing tim yang terdiri dari lima orang pesenam unjuk kebolehan dengan penampilan terbaik mereka. Setelah melalui penilaian ketat, terpilih sembilan tim yang melaju ke final yang penampilannya disaksikan langsung oleh Manggala Utama PAKIS MDA Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster.

Sembilan finalis itu adalah duta dari tiga Kabupaten yaitu Badung, Jembrana, Karangasem dan enam kecamatan yaitu Susut, Tampaksiring, Dawan, Selemadeg Timur, Sukasada dan Denpasar Utara. Masing-masing tim menunjukkan kemampuan terbaik dan kekompakan hingga akhirnya Kabupaten Jembrana berhasil menyabet Juara I dengan skor 253,9.

Sedangkan tim Kabupaten Karangasem meraih Juara II dengan skor 245, disusul Kecamatan Sukasada di peringkat III dengan skor 235,5. Tiga tim yang menempati peringkat I,II dan III masing-masing memperoleh hadiah berupa uang tunai berturut-turut sebesar Rp. 30 juta, 25 Juta dan 20 Juta. Selain itu, ketiga tim juga memperoleh piagam penghargaan.

Menyapa peserta yang memenuhi GOR Lila Bhuana, Manggala Utama PAKIS Bali Ny. Putri Koster menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus PAKIS Kabupaten dan Kecamatan yang telah menyukseskan kegiatan lomba senam ini. Ia mengatakan, lomba senam yang digelar untuk pertama kalinya ini merupakan salah satu implementasi program PAKIS, dalam kaitan dengan upaya menyehatkan krama Bali.

Baca Juga:  Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia ASN Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra Buka Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

“Selain dengan makanan, olah raga juga sangat dibutuhkan untuk merawat dan memelihara kesehatan. Kebetulan Pemprov Bali punya Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali sesuai dengan visi yang diusung saat ini, makanya kita adalah lomba,” terangnya. Selain untuk menyehatkan krama, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih membumikan Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” agar lebih dikenal luas oleh masyarakat Bali. Tak hanya itu, kegiatan lomba juga sebagai wadah untuk mempertemukan pengurus PAKIS se-Bali sehingga diharapkan mampu meningkatkan rasa guyub dan kebersamaan.

Pada bagian lain, perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Bali ini menyampaikan rasa gembira karena lomba senam mendapat respon luar biasa. Hal itu ditunjukkan oleh semangat para peserta dalam memahami dan menghafalkan gerakan senam sehingga mampu menunjukkan penampilan terbaik pada saat lomba.

Selanjutnya, ia berharap tim yang keluar sebagai pemenang lebih intens mensosialisasikan dan mengajarkan gerakan Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” kepada masyarakat.

“Bumikan senam ini, ajak masyarakat mulai dari anak-anak hingga lansia untuk membudayakan olahraga sehingga derajat kesehatan Krama Bali akan makin meningkat,” ucapnya. Ke depan, PAKIS Bali akan terus berbuat dan melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar. “Seperti slogan kita, PAKIS akan selalu satya, sadia dan sayaga,” pungkasnya.

Ketua Harian PAKIS MDA Bali Tjokorda Istri Agung Kusuma Wardhani menambahkan, ini merupakan pengalaman pertama jajarannya melaksanakan lomba senam. Melalui kegiatan ini, ia berharap soliditas pengurus PAKIS akan makin menguat. Menindaklanjuti arahan Manggala Utama PAKIS Bali, tahun berikutnya lomba akan digelar di tingkat kabupaten/kota dengan seleksi mulai dari Desa Adat. Tim terbaik dari kabupaten/kota nantinya akan mengikuti lomba di tingkat provinsi dengan jumlah anggota tim lebih banyak.

Baca Juga:  Pj. Gubernur Bali Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Kegiatan Lomba senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang melibatkan pengurus PAKIS mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali IKN Boy Jayawibawa yang hadir dalam kegiatan tersebut. Ia mengapresiasi kegiatan yang menjadi bagian dari upaya membudayakan olahraga, khususnya di kalangan krama istri. Selain bertujuan menyehatkan, ia berharap kegiatan ini makin membumikan senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. Selaku pimpinan OPD di sektor pendidikan, ia juga gencar mensosialisasikan senam ini di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas PMA Provinsi Bali, Kartika Jaya Seputra mengatakan lomba senam juga bertujuan untuk membumikan visi Pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster, yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menjaga soliditas dan kekompakan Paiketan Krama Istri se-Bali.

Di samping juga untuk meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. “Kami berharap dengan lomba senam ini kita mendapatkan kesehatan dan semakin meningkatkan soliditas dan kekompakan Paiketan Krama Istri seluruh Bali,” ujar Kartika Jaya Seputra.

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.