fbpx
BirokrasiKarangasem

Jelang Tahun Politik, Wagub Cok Ace Harap Pramuka Berperan Jaga Persatuan Bangsa

KARANGASEM, MEDIAPELANGI.com  – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Sukawati memberi apresiasi atas terselenggaranya sederet kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62. Jelang tahun politik, Wakil Gubernur Bali Cok Ace berharap gerakan pramuka dapat menjadi contoh di masyarakat dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini disampaikannya usai memimpin Apel serangkaian peringatan Hari Pramuka ke-62, di Lapangan Aron-Karangasem, Minggu (27/8).

“Apalagi menjelang tahun politik tahun depan bagaimana (anggota pramuka menjadi contoh, red) untuk menghormati persaudaraan, menghormati persatuan dan sebagainya. Disiplin dan tentunya harapan kita bersama vibrasi apa yang dirasakan oleh adik-adik kita, kakak kakak kita Pramuka kiranya bisa disebarkan dalam keluarga, tempat tinggal di Bali dan Indonesia,” ujarnya.

Wagub Cok Ace memberikan apresiasi kepada Kabupaten Karangasem yang pada tahun 2023 ini mendapat giliran menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apel Peringatan Hari Pramuka ke-62.

Apresiasi juga diberikan Wagub Cok Ace kepada seluruh orang tua di Bali yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk terlibat dalam gerakan pramuka.

“Saya harus mengapresiasi orang tua-orang tua yang memberikan kepercayaan kepada Pramuka untuk mendidik, membina anak-anak mereka. Sebagaimana kita lihat bagaimana nilai-nilai kedisiplinan, bagaimana nilai-nilai persatuan, nilai-nilai toleransi persaudaraan sangat dikedepankan. Jadi saya sangat mengapresiasi kepada orang tua. Kita harapkan bahwa sumber daya manusia seperti ini kita bisa tingkatkan tidak saja dari segi kualitas tapi juga dari segi jumlah atau kuantitasnya,” ujarnya.

Baca Juga:  MPP Kabupaten Buleleng Dapat Apresiasi dari Menteri PAN-RB

Rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 ini diisi dengan ziarah, tabur bunga, apel ulang janji, bumbung kemanusiaan, ramah tamah diisi dengan Deklamasi PBK, pantomim dan hiburan pada tanggal 26 Agustus di TMP Ciung Wanara, dilanjutkan pada Minggu 27 Agustus dilakukan kegiatan resik sampah plastik, anjangsana, atraksi pramuka, penganugerahan TPOD pancawarsa, Penganugerahan penghargaan gerakan pramuka berupa LENCANA MELATI (6 orang), LENCANA DARMA BAKTI (20 orang), LENCANA KARYA BAKTI (43 orang), LENCANA TELADAN (1 orang) serta penyerahan hadiah Bali Scout Creativity Kwarda Bali di Lapangan Tanah Aron.

Sebelumnya dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur Bali, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menyampaikan kebanggaanya terhadap gerakan pramuka di Indonesia yang telah genap berusia 62 tahun. Tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

Peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini mengangkat tema ‘Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan’.

Baca Juga:  Pj. Gubernur Bali Dampingi Presiden Joko Widodo menyambut Pimpinan Negara Peserta KTT WWF saat mengunjungi Tahura Ngurah Rai

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, dan jika kita mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Di samping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” tegas Budi Waseso

Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar gerakan pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman. Tentu melalui perbaikan Undang-Undang tersebut, pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan gerakan pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna.

Tampak hadir pada apel peringatan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Bali I Made Rentin, Bupati Karangasem selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Karangasem, I Gede Dana beserta jajaran.

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.