fbpx
PolitikTabanan

DPRD Tabanan Serahkan Rekomendasi LKPJ Bupati Tahun 2023

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabanan menggelar rapat paripurna pada Rabu (17/4) dengan agenda utama yakni Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tabanan untuk Tahun Anggaran 2023.

Rapat paripurna yang diselenggarakan di ruang sidang utama gedung DPRD setempat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, yang didampingi oleh Wakil Ketua I Ni Made Meliani dan Wakil Ketua II Ni Nengah Sri Labantari. Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Tabanan, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Forkopimda Kabupaten Tabanan, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta para asisten Setda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Camat.

Ketua DPRD, I Made Dirga, dalam penyampaian rekomendasi memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Tabanan. Dalam kesempatan tersebut, Dirga juga menyampaikan catatan strategis berupa saran dan masukan terhadap LKPJ Bupati Tabanan Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga:  Raker Komisi 1 DPRD Tabanan Bahas Persiapan Rekrutmen PPPK 2024

Dirga menyoroti tujuh bidang prioritas pembangunan yang menjadi rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ke depan. Bidang-bidang tersebut antara lain masalah pangan, sandang, dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan ketenagakerjaan; adat, agama, tradisi, dan seni budaya; pariwisata; penguatan infrastruktur; serta tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Dirga menjelaskan bahwa rekomendasi tersebut harus dijalankan secara berkelanjutan. Salah satunya adalah terkait dengan program ketahanan pangan di Tabanan dan Bali pada umumnya, dengan mempertahankan ciri khas Tabanan sebagai lumbung beras Bali melalui pencegahan dan pengendalian alih fungsi lahan.

Lebih lanjut, Dirga menyoroti penguatan pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi di desa, kecamatan, dan kabupaten. Ia menekankan bahwa akses mudah terhadap pembangunan infrastruktur akan memicu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sementara itu, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menyatakan bahwa catatan dan rekomendasi tersebut akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Tabanan pada tahun anggaran berikutnya. Sanjaya juga mengakui adanya kekurangan dan kendala dalam berbagai sektor yang perlu diperkuat komitmennya melalui rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024.

Sanjaya berharap adanya kemitraan kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif untuk mencapai visi dan misi pembangunan yang aman, unggul, dan madani di Kabupaten Tabanan.[eka]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.