fbpx
PolitikTabanan

Dewan Tabanan Soroti Sektor Pendidikan, Kesehatan dan Pertanian

"Rekomendasi LKPJ Bupati Tabanan TA 2023"

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Anggota Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), DPRD Tabanan  I Gusti Ngurah Sanjaya, menyoroti 7 bidang prioritas pembangunan yang menjadi fokus Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kabupaten ke depan. Dalam pernyataannya, Sanjaya menegaskan pentingnya komitmen dan skala prioritas yang sesuai dengan visi, misi, dan situasi kontekstual di daerah tersebut.

Sanjaya menyoroti urgensi penyelesaian masalah pangan, sandang, dan papan sebagai prioritas utama.
“Dia juga menekankan perlunya indikator yang jelas untuk mengukur swasembada pangan, seperti jumlah penduduk dan luas areal pertanian, serta menekankan perlunya studi kelayakan yang realistis, bukan sekadar politis,”ujar Ngurah Sanjaya, Kamis (18/4).
Selanjutnya, dalam bidang kesehatan, Sanjaya menyuarakan pentingnya bentuk pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat. Dia merujuk pada masa gubernur sebelumnya yang memberikan jaminan kesehatan kepada setiap warga sebagai contoh yang patut diikuti.

Dari sektor pendidikan, Sanjaya menegaskan perlunya visi, misi, tujuan, dan sasaran yang jelas. Dia mempertanyakan apakah visi politis saja sudah cukup untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan, atau apakah diperlukan strategi yang lebih konkret beserta program-program yang terukur.

Sanjaya dengan menekankan pentingnya siklus perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian sebagai kunci keberhasilan. Dia menyoroti pentingnya kepemimpinan yang berintegritas, yang tidak hanya bergantung pada kepentingan birokrasi tetapi juga mementingkan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Sanjaya juga mencatat bahwa sikap pragmatis di kalangan elit dan masyarakat harus diimbangi dengan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kesejahteraan, bukan sekadar turunnya bantuan sosial dalam skala besar demi popularitas.[eka]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.