fbpx
PolitikTabanan

Bawaslu Tabanan Lantik 30 Anggota Panwaslu Kecamatan

Ketua Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta Saat melantik 30 Anggota Panwaslu Kecamatan Pimilukada Serentak 2024 [foto-istimewa]

 

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan resmi melantik 30 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan untuk Pilkada 2024. Pelantikan ini berlangsung di Dewi Sinta Hotel & Restaurant Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Sabtu (25/5).

Ketua Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta, menyatakan bahwa ke-30 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik telah melalui beberapa tahapan seleksi dan dinyatakan lulus. Dari jumlah tersebut, 30 anggota ditempatkan di sepuluh kecamatan, yakni Tabanan, Kerambitan, Pupuan, Selemadeg, Selemadeg Barat, Selemadeg Timur, Baturiti, Penebel, Marga, dan Kediri.

“Diharapkan, dalam pelaksanaan Pemilukada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, para anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pedomanilah berbagai peraturan yang telah ditetapkan dan jaga netralitas dalam pelaksanaan tugas, sehingga Pemilukada dapat berlangsung dengan aman dan kondusif,” ujar Narta.

Baca Juga:  Kasus DBD Tinggi, Komisi IV DPRD Tabanan Panggil Dinkes

Mantan Komisioner KPU Tabanan ini juga menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan di kecamatan hingga tingkat desa agar tugas Panwaslu Kecamatan dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai standar operasional prosedur. “Mari kita lakukan tugas negara ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, I Made Agus Harta Wiguna, menyampaikan harapan agar 30 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan profesionalisme dalam melakukan pengawasan untuk mengantisipasi berbagai penyimpangan Pilkada di tingkat kecamatan. “Dengan demikian, kualitas demokrasi dapat ditingkatkan. Suksesnya penyelenggaraan Pemilukada tahun 2024 akan menjadi jaminan bagi masyarakat Tabanan sesuai visi Kabupaten Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pembangunan semesta berencana menuju Tabanan Era Baru,” ujar Bupati Tabanan dalam sambutannya.

“Selamat dan sukses bagi anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik. Semoga dapat menunaikan tugas pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tutupnya.

Usai pelantikan, anggota Panwaslu Kecamatan langsung diberikan pembekalan terkait pengawasan Pilkada 2024, termasuk tugas dan fungsi Panwaslu Kecamatan. Setelah pembekalan, para anggota Panwaslu Kecamatan akan segera turun ke wilayah masing-masing untuk menjalankan tugas pengawasan.[eka]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.