fbpx
PolitikTabanan

KIM Plus Tabanan Resmi Terbentuk Siap Hadapi Pilkada 2024

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam rangka menghadapi Pilkada Tabanan 2024, beberapa partai politik besar, yaitu Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, dan beberapa partai nonparlemen seperti Nasdem, PSI, PBB, dan Gelora, mengadakan pertemuan di Warung Dewi Sri, Desa Abiantuwung, Kediri, Tabanan, Sabtu (8/6).
Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Pertemuan ini adalah rapat kedua setelah sebelumnya ketujuh partai ini telah mengadakan rapat untuk menghadapi Pilkada Tabanan 2024.

Pada rapat pertama, kesepakatan untuk membangun koalisi sudah hampir tercapai. Namun, saat itu Partai Golkar masih menunggu keputusan dari DPD Partai Golkar. Pada rapat kedua ini, Golkar masih belum memberikan keputusan bulat, yang diakibatkan adanya perbedaan pandangan di internal partai.

Meskipun demikian, berkaca dari terbentuknya koalisi partai politik di tingkat provinsi untuk menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2024, Koalisi KIM Plus di tingkat kabupaten/kota harus segera dibentuk dan diputuskan. “Dari keputusan induk partai sudah dipastikan kita berkoalisi ke tingkat kabupaten,” kata Ketua DPC Demokrat Tabanan, I Wayan Adnyana, yang didampingi oleh ketua dan pengurus partai koalisi KIM Plus Tabanan.

Adnyana menegaskan, ketidakhadiran Golkar dalam pertemuan kali ini dianggap bukan karena ketidaksepakatan untuk bergabung, melainkan karena pimpinan partainya ada kegiatan di luar daerah. “Kami di koalisi berpikir positif dengan ketidakhadiran Golkar, apa yang menjadi keputusan KIM Plus tingkat provinsi yakin akan terjadi di tingkat Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Adnyana juga menekankan keyakinannya bahwa koalisi ini akan terbentuk di Tabanan. Menurutnya, harapan masyarakat adalah adanya kontestasi yang normal dalam pilkada, bukan calon tunggal yang melawan kotak kosong. “Jadi kami sangat meyakini koalisi ini akan terjadi di Tabanan. Apa yang menjadi harapan masyarakat dalam rangka menjalankan proses demokrasi adalah adanya calon tunggal melawan kotak kosong sangat lucu. Itu yang menjadi tidak menjadi harapan masyarakat dan itu yang kita bangun sekarang dan pastikan koalisi KIM Plus terbentuk benar-benar ada kontestasi yang normal di Tabanan ini,” tegas Adnyana.

Sebelumnya, pimpinan parpol sudah sempat diundang untuk membahas masalah koalisi. “Pertemuan kali ini kita sudah putuskan dari masing-masing parpol terkait membangun koalisi,” tambahnya.

Pada pertemuan pertama, Partai Golkar sudah menyatakan setuju untuk membentuk koalisi ini, meskipun masih ada pertanyaan mengenai kepastian calon yang akan diusung. Saat ini, hampir semua partai sudah didatangi oleh tokoh-tokoh yang ingin maju dalam Pilkada Tabanan 2024.

Setelah terbangun koalisi langkah selanjutnya akan dibentuk tim penjaringan bakal calon dan tim pemenangan. “Dalam waktu dekat akan ada pembahasan lagi tim pemenangan di parati koalisi,” sambungnya. [eka]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.