fbpx
PolitikTabanan

Bawaslu Tabanan “Warning” KPU Transparan Rekrutmen Pantarlih

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tabanan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan untuk melaksanakan rekrutmen Panitia Pendaftaran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada Tahun 2024 secara terbuka dan sesuai dengan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta, menyampaikan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat imbauan kepada KPU Tabanan terkait proses pembentukan Pantarlih. “Kami telah memberikan pengawasan terkait rekrutmen Pantarlih kepada jajaran adhoc, yaitu Panwascam dan Pengawas Pemilu Desa (PKD), dalam rapat melalui media zoom meeting,” ujarnya pada Rabu, (11/6).

Narta menjelaskan bahwa Pengawas Pemilu Desa harus memastikan pengumuman rekrutmen Pantarlih dilakukan di tempat yang terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat, serta sesuai dengan tahapan, jadwal, dan amanat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 638 Tahun 2024 tentang Pembentukan Badan Adhoc. “Pengawasan ini penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen,” tegasnya.

Baca Juga:  Dukungan Meluas Mulyadi Jadi Figur di Pilkada Tabanan

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) memiliki peran kunci dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2024. Oleh karena itu, Narta menekankan pentingnya pembentukan Pantarlih yang dilakukan secara terbuka, dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon anggota.

“Pantarlih nanti menjadi kunci awal dalam melaksanakan tugasnya terkait pemutakhiran data pemilih. Kesuksesan pelaksanaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Tahun 2024 tidak terlepas dari peran penting Panitia Pendaftaran Data Pemilih (PPDP),” jelas Narta.

Dengan adanya pengawasan ketat bawaslu, diharapkan proses rekrutmen Pantarlih dapat berjalan dengan transparan dan profesional, sehingga mampu mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 yang jujur dan adil.

“Tapi satu yang saya ingatkan  hati-hati betul untuk merekrut Pantarlih, jangan sampai mereka itu ada kaitannya dengan partai atau berkaitan dengan tim kampanye atau kaitan dengan tim sukses,” tegasnya. [*]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.