fbpx
DenpasarSeni Budaya

Bupati Tabanan Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali XLVI 2024

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, beserta Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, turut menghadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 dengan tema “Jana Kerthi Paramaguna Wikrama”.

Acara yang meriah berlangsung di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Renon, Denpasar, ini dibuka langsung oleh Menteri Agraria/Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono.

Turut hadir dalam acara ini PJ Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya beserta Istri, beberapa Anggota DPR-RI dan DPD-RI, serta para pejabat tinggi Kementerian dan lembaga, Forkopimda Provinsi Bali, Bupati/Walikota se-Bali beserta istri, dan berbagai tokoh masyarakat. Rangkaian pertunjukan seni yang spektakuler memukau antusiasme penonton yang memadati lokasi acara.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Hadiri High Level Meeting Pengendalian Inflasi

PKB ke-46 tahun 2024 ini dijadwalkan berlangsung selama sebulan hingga 13 Juli mendatang. Sebagai salah satu event budaya terbesar di Bali, PKB menampilkan 10 materi pokok termasuk Peed Aya, Utsawa, Kandarupa, dan lainnya yang menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati dan melestarikan kekayaan budaya Bali.

Bupati Tabanan
Bupati Tabanan Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali XLVI 2024

Dalam parade seni yang megah tersebut, Duta Kabupaten Tabanan turut berpartisipasi dengan menampilkan atraksi tematik yang mengangkat sosok ikonik Pahlawan Perempuan Tabanan, Sagung Wah Balikan Wangaya, serta penampilan alat musik tradisional Okokan yang khas dari Tabanan.

Dalam sambutannya, Menteri Agus Harimurti Yudhoyono mengapresiasi penyelenggaraan PKB sebagai pesta rakyat terbesar di Bali yang telah menjadi salah satu event budaya terkemuka di Indonesia. Sementara itu, PJ Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya menekankan tema Jana Kerthi Paramaguna Wikrama sebagai upaya membangun manusia Bali yang unggul melalui pemahaman nilai-nilai luhur budaya Bali.

Bupati Sanjaya mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi Kabupaten Tabanan dalam PKB ini dan berharap agar kolaborasi antarpihak terus ditingkatkan guna mengangkat potensi seni Tabanan ke tingkat nasional dan internasional. Sementara itu, Ny. Rai Sanjaya mengapresiasi penampilan Duta Kabupaten Tabanan yang memukau dan memberikan edukasi tentang budaya dan sejarah Tabanan kepada masyarakat luas.

Acara berlangsung sukses dan meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang hadir, menandai awal perayaan budaya yang spektakuler selama sebulan penuh di Pulau Dewata.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.