fbpx
CeremonialTabanan

Lomba Cipta Menu BJOT Meriahkan Peringatan Bulan Bung Karno

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali menunjukkan inovasinya dalam merayakan Peringatan Bulan Bung Karno VI tahun 2024 dengan menggelar Lomba Cipta Menu BJOT dan Lomba Karaoke. Acara yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya, Minggu (22/6) ini dibuka langsung Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, yang juga berperan sebagai Juri Kehormatan pada Lomba Cipta Menu BJOT.

Kegiatan ini tidak hanya mengenang warisan sejarah Bung Karno, tetapi juga memupuk semangat kompetisi positif di antara pegawai Pemkab Tabanan. Magnet utama acara ini adalah Lomba Cipta Menu BJOT, yang menantang kreasi kuliner non-beras dari berbagai OPD se-Kabupaten Tabanan. Inisiatif ini, yang digelar untuk pertama kalinya, sukses menarik perhatian dengan sajian-sajian kreatif dan unik yang memanfaatkan potensi pangan lokal.

RS Singasana berhasil meraih juara pertama dengan hidangan utama mereka yang memperoleh 245 poin dari para juri. Disdukcapil dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga mendapat apresiasi tinggi dengan memenangkan kategori hidangan pembuka dan penutup. Keunikan acara ditambah dengan kehadiran hidangan Lawar Don Bulun Baon dari Dinas Lingkungan Hidup, yang menggunakan daun langka seperti Daun Bulun Bawang/Birah, tidak hanya menonjolkan eksotisme dan keunikannya tetapi juga manfaat kesehatannya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Buka KKN Nusantara IV Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

Selain Lomba Cipta Menu, Lomba Karaoke juga menjadi sorotan dalam rangkaian perayaan ini. Peserta dari berbagai OPD berkompetisi dengan lagu-lagu bernuansa nasionalis yang penuh semangat. Ni Putu Irma Chandra Rahayu dari Perumda Tirta Amertha Buana berhasil meraih juara pertama dengan nilai 695, membawakan lagu “Tanah Airku”.

Puncak acara Perayaan Bulan Bung Karno VI 2024 ini ditandai dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang dan peserta oleh Bupati Sanjaya. Sebagai bentuk apresiasi tambahan, beliau memberikan hadiah pribadi sebesar 1 juta rupiah kepada juara 1, 2, dan 3 dari kedua lomba tersebut.

“Kreativitas dan semangat yang ditunjukkan dalam acara ini sungguh luar biasa. Ini bukti nyata bahwa kita di lingkungan Pemkab Tabanan, mempunyai potensi untuk berinovasi dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa juga. Saya berharap kegiatan ini bisa terus menginspirasi inovasi dan kreativitas kita,” ungkap Sanjaya.

Kepala Dinas Kesbangpol Tabanan, Putu Dian Setiawan, selaku Ketua Panitia, menyatakan bahwa kegiatan lomba ini bertujuan mengimplementasikan ajaran Trisakti Bung Karno, khususnya dalam kemandirian ekonomi. “Tabanan ini dikenal kaya akan aneka kuliner khas yang melegenda. Atas prakarsa Bapak Bupati, kami OPD diminta untuk menggali dan mengembangkan menu makanan khas Tabanan yang dikombinasikan sebagai menu olahan non-beras. Demikian juga dengan banyaknya potensi ASN Tabanan yang memiliki bakat bernyanyi,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekda, Para Asisten Setda, Para Kepala Perangkat Daerah, dan Para Camat se-Kabupaten Tabanan, memperkuat rasa kebersamaan dan semangat dalam membangun Tabanan yang lebih maju dan harmonis. Inisiatif lomba ini menunjukkan komitmen kuat dari Pemkab Tabanan dalam menggabungkan tradisi dengan inovasi untuk memperkaya kehidupan masyarakat.[*rls]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.