24 SMP di Bangli Siap Ikuti UNBK

128
foto-Kadisdikpora Bangli I Nyoman Suteja

BANGLI, MEDIAPELANGI.com-Dari 30 Sekolah Menengah Atas (SMP) yang ada di Kabupaten Bangli,24 sekolah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018.

Sementara  dari 6 sekolah yang tidak mengikuti UNBK,5 sekolah lantaran terkendala computer dan jaringan internet dan satu sekolah belum memiliki kelas IX.

Kadisdikpora  Bangli  I Nyoman Suteja saat ditemui menjelaskan dari 24 sekolah tersebut tersebar di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Bangli 5 sekolah, Tembuku 6 sekolah, Susut 3 dan Kintamani 7 SMP Negeri dan SMP satu atap.Untuk wilayah Susut yang tidak siap ikuti UNBK justru SMPN 3 Susut, lantaran terganggu jaringan dan sarana-prasarana penunjang lainnya. Sementara untuk UNBK nanti kita juga telah menyiapkan anggaran untuk  penambahan sarana prasarana,”jelasnya.Kamis(8/2/2018).

Dijelaskan tahun ini pihaknya memasang anggaran Rp 3 miliar, untuk pengadaan computer dan servernya. Sarana-prasarana ini, akan didistribusikan ke sekolah yang melaksanakan UBNK, dengan kuota 30 persen dari jumlah peserta ujian di masing-masing sekolah.

Selain meyiapkan perangkat keras, kita juga telah berkoordinasi dengan PLN sehingga listrik saat pelaksanaan.Memang selama ini kita belum menemui kendala masalah listrik, namun kita juga perlu melakukan antisipasi,”kata dia.

Sementara disinggung untuk sekolah yang tidak bisa UNBK, jelas dia, melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Selain 5 SMP yang tidak mampu melaksanakan UNBK, papar pria asal Sudembunut ini, ujian serupa juga dilaksanakan oleh  siswa kejar paket B. Sementara untuk Sekolah Luar Biasa (SLB),sepenuhnya kewenangan Disdikpora Bali.“Kita memiliki satu SLB, sepenuhnya menjadi kewenangan Pemprop Bali,”pungkasnya.(eka-nt).