Akibat Aktifitas Magma Terus Gunung Agung Alami Deformasi

59

Karangasem,mediapelangi.com-Akibat dari aktifitas magma,Gunung Agung,Karangasem,kini alami Deformasi.Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),Rendang,Karangasem,dengan terus melakukan pemantaun perkembangan erupsi Gunung api,dan juga memastikan akan terus mengalami perubahan sepanjang magma aktif di dalam perut bumi.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG,ESDM I Gede Suartika,mengatakan bahkan saat ini menyebut telah terjadi deformasi atau perubahan bentuk gunung,akibat dari aktifitas magma.Walau ukurannya sangat kecil,ini juga akan terdampak pada perkembangan erupsi yang masih sangat mungkin terjadi walaupun dalam skala kecil,”katanya.Rabu(04/10/2017).

Menurutnya saat ini tetap dalam status awas,  pihaknya pun berharap kepada warga di radius enam kilometer, tidak melakukan aktifitas apaun  dan memilih lokasi yang lebih aman,”harapnya.

Pusat vulkanologi dan mirigasi bencana geologi gunung agung memperkirakan proses devormasi akan terus terjadi,sepanjang aktifitas magma aktif di dalam perut bumi.

Disisi lain pihaknya juga belum bisa memastikan kapan gunung setinggi ini tidak bisa diperediksi yang ada didalam apakah kristis atau malah menurun, kemungkinan erupsi terus ada, dan pihaknya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak masuk radius 9 kilometer dan perluasan menjadi 12 kilo meter dua balas kilometer,”ungkap Suartika.(*mp-eka-ad).