Aktifitas Meningkat, Gunung Agung Keluarkan Hembusan Asap Putih

43

Karangasem,mediapelangi.com-Aktifitas aktif Gunung Api Agung,Selasa pagi(10/10),masih mengeluarkan hembusan asap berwarna puth yang mengandung uap air.

Saat ini gempa yang masih terjadi relatif tinggi,indikasi masih ada aktifitas magma yang menembus air permukaan kawah.Kondisi gunung api agung sampai saat ini masih relatif sama dengan sebelumnya.

Disamping itu juga kegempaan vulkanik berada di atas delapan  ratus kali setiap harinya,yang relatif fluktuatif dengan sebelumnya.

Ini tetap menjadikan penduduk sekitar tidak direkomendasi untuk berada di jalur zone merah untuk meminimalisir bahaya bencana.

Aktifatas gunung agung yang tampah cerah di pagi hari,juga masih terlihat adanya hembusan asap berwarna putih yang mengandung uap air,sebagai indikasi masih ada aktifitas magma yang menembus air permukaan kawah,kini Gunung Agung masih tetap beraktifitas tinggi dengan embusan asap yang juga lebih bersih,”ujar Kepala PVMBG Kasbani.Selasa(10/10).

Menurutnya,memang hari ini relatif bersih bisa melihat dari bawah kepuncak ada hembusan asap sampai lima puluh sampai seratus meter,asap berwarna putih dan masih ada uap air,ada hembusan asap relatif lebih bersih, instrumen kegempaan masih cukup tinggi sampai delapan ratusan,dan aktifitas gunung ini masih cukup tinggi,”jelasnya.

Kini pihak petugas berwenang PVMBG,saat ini juga masih berupaya untuk melakukan penelitian lebih jauh,terkait hembusan asap yang masih terjadi hingga saat ini.(*mp-eka-ad)