Akupresur , Pijatan Atasi Masalah Bagi Ibu Hamil

172
foto - Akupresur , Pijatan Atasi Masalah Bagi Ibu Hamil.

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com –  Kehamilan sering kali menyebabkan seorang calon ibu menjadi stres. Terlebih  lagi sudah hamil tua dan mendekati jadwal kelahiran, ini terkadang akan membuat ibu-ibu semakin bingung, entah disebabkan merasa belum cukup ilmu menjadi ibu atau stres menghadapi persalinan.

Ini juga akan semakin menjadi beban ketika dokter sudah menentukan tanggal perkiraan kelahiran bayi, namun belum juga  menampakkan tanda-tanda akan melahirkan.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka sebenarnya ada beberapa cara untuk merangsang persalinan segera tiba. Salah satunya metode akupresur atau pijatan untuk ibu hamil.

Seperti diterapkan petugas di UPT Puskesmas 2 Tegallalang, Gianyar. menjadikan dua Banjar Patas dan Banjar Pisang Kaja, Desa Taro, Tegallalang, Gianyar sebagai percontohan mengatasi keluhan ibu hamil, baik perawatan mengatasi nyeri, serta melahirkan tepat waktu dengan metode akupresur atau pijatan.

Ini telah membuktikan mampu mengatasi keluhan ibu hamil terutama dari nyeri dan sakit pinggang saat hamil dan lebih lancar saat melahirkan.

Salah satu  ibu hamil Ni Wayan Werti asal Banjar Patas, Taro dengan cara ini membantunya dari keluhan ibu hamil teruma menjelang melahirkan, ” beberapa kali saya dipijat saat hamil dan sangat membantu apa yang saya keluhkan ”

Sedangkan meenurut bidan desa setempat Ni Nyoman Wariyanti, mengatakan ini sebagai alternatif cara merawat ibu hamil sebelum menuju rumah persalinan. ” Metode akupresur lebih baik untuk perawatan ibu hamil, terutama untuk mengatasi sakit dan nyeri pinggang serta lebih lancar saat melahirkan,”katanya. Jumat (4/5/2018).

Bermanfaat bagi warga, di dua Banjar Patas dan Banjar Pisang Kaja inipun metode ini telah dilakukan sejak Desember 2017 lalu. ( sin)