Ambruk, Tembok Penyengker Pura Dalem Karya Sari

139

TABANAN, MEDIAPELANGI.com-Tembok penyengker Pura Dalem Desa Pakraman Karyasari, Pupuan, Tabanan ambruk Kamis (22/3) sekitar pukul 17.30. Berutung dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Perbekel Desa Karyasari I Nyoman Wiranata mengatakan tembok penyengker Pura Dalem Desa Pakraman Karyasari ambruk sepanjang 26 meter dengan tinggi 2,5 meter  tepatnya disisi barat.

Memang berencana akan membangun senderan penyengker. Kemudian sudah menggali tanah sedalam 3 meter untuk membangun pondasi.“Belum dibangun pondasi malah tembok pura penyengker yang ambruk, termasuk Bale Kulkul juga roboh karena kondisi tanah labil,”ujarnya.

Berutung akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian akibat tembok penyengker pura yang ambruk ditaksir mencapai ratusan juta  rupiah.

Warga Desa setempat memang berencana akan membuat senderan untuk penyengker dengan panjang 36 meter dan tinggi 5 meter. Bahkan tepat di hari Pagerwesi, Rabu (21/3). Krama setempat sudah nasarin memasang pondasi, dan saat ini para tukang sudah mengikat besi untuk membuat senderan.

Kejadian ini belum dilaporkan ke BPBD Tabanan.Tetapi sudah melaporkan peristiwa ini ke Camat Pupuan agar segera dibantu dalam menindaklanjuti tembok penyengker yang ambruk.

Dan pihaknya akan segera memperbaiki tembok penyengker dan Bale Kulkul yang roboh dengan bekerja bakti bersama warga,”terang Wiranata.(ka)