Antisipasi Makanan Berformalin, BPOM Sidak Pasar Malam

189
BPOM Kantor wilayah Buleleng melakukan sidak ke dua pasar malam Desa Tegalcangkring dan YehEmbang Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Rabu (14/11/2018)

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) Kantor wilayah Buleleng melakukan sidak ke dua pasar malam Desa Tegalcangkring dan Yeh Embang Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Rabu (14/11/2018)

Dalam sidak kali ini BPOM membeli belasan sample makanan dan minuman ke pedagang untuk dilakukan uji cepat. Guna mengetahui apakah makanan dan minuman yang dijual mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Adapun makanan dan minuman yang diuji adalah bakso, jajanan bali, krupuk, bahan es campur seperti kolang kaling dan pewarna manis, serta makanan dan minuman lainnya dengan warna yang mencolok.

Dari hasil uji tes kit terhadap 13 sample makanan dan minuman yang diambil di kedua pasar malam ini tidak satupun ditemukan positive mengandung bahan berbahaya.

Kepala Loka Pom Buleleng Ery Bahari Hantana menjelaskan, walaupun  malam ini petugas BPOM tidak menemukan makanan dan minuman yang dijual pedagang mengandung bahan berbahaya, namun BPOM bersama dinas terkait lainnya akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap para pedagang agar tidak menjual makanan dan minuman yang dapat merugikan para konsumen dalam hal ini masyarakat,”ungkapnya. (ka-ak)