Aparatur Humas dan Protokol Dituntut Cakap dan Bijak Gunakan Medsos

212
Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Tabanan mengadakan kegiatan Pendampingan Jurnalistik Kehumasan dan Keprotokolan dengan tema “Tingkatkan Efektivitas Kerja Dengan Produksi Karya Foto dan Video Kreatif Serta Semangat Team Work”, Selasa (18/9) di Aula Kantor Camat Kediri

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Aparatur Humas dalam sebuah instansi merupakan ujung tombak pembangunan trust dan pengelolaan krisis.

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang begitu cepat, aparatur kehumasan dituntut mampu beradaptasi terhadap setiap perubahan yang terjadi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi terutama dalam penggunaan media sosial (medsos).

Untuk mendukung hal tersebut, Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Tabanan mengadakan kegiatan Pendampingan Jurnalistik Kehumasan dan Keprotokolan dengan tema “Tingkatkan Efektivitas Kerja Dengan Produksi Karya Foto dan Video Kreatif Serta Semangat Team Work”, Selasa (18/9) di Aula Kantor Camat Kediri.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Tabanan I Wayan Yatnanadi. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan, Kasubag Dokumentasi Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali yang juga sebagai narasumber Putu Rio Rahdiana.

I Putu Dian Setiawan menyampaikan kegiatan Pendampingan Jurnalistik kehumasan dan keprotokolan yang diselenggarakan merupakan salah satu upaya nyata untuk lebih membuka hati dan pikiran serta mindset tentang bagaimana menggunakan kemajuan teknologi dengan lebih cakap dan bijak. Apalagi saat ini, banyaknya penyalahgunaan teknologi yang terjadi dikarenakan  bebasnya akses masyarakat dalam menggunakan teknologi seperti sosial media.

“Melalui Pendampingan Jurnalistik ini kita berharap akan muncul kesatuan pemahaman, kesatuan langkah dalam  pembangunan dan pemanfaatan teknologi informasi,  sehingga memudahkan tugas-tugas kehumasan dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, penyelenggaraan pendampingan jurnalistik ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada bagian kehumasan terkait dengan tugas dimasing-masing unit kerja, utamanya dalam bidang kehumasan dan keprotokolan, sehingga disetiap unit kerja akan mampu melakukan tugas kehumasan dan keprotokolan sesuai tugas pokok dan fungsi unit kerja masing-masing.

“Pendampingan Kehumasan dan keprotokolan ini, dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang kehumasan dan keprotokolan bagi  aparatur pemerintah agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menciptakan suatu informasi dan berita yang tepat dan akurat,  yang nantinya berdampak kepada terbangunnya citra positif pemerintah kabupaten Tabanan  di mata masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan kegiatan ini diikuti oleh 73 orang peserta, yang terdiri dari Kasubag, staf bagian humas dan protokol setda kabupaten Tabanan dan staf Kecamatan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dan menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya.

“Kegiatan ini diikuti 73 peserta dan akan berlangsung selama 4 hari, dimulai dari 18  hingga tanggal 21 September. Untuk narasumber yang memberikan materi antara lain Kasubag Dokumentasi Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali Putu Rio Rahdiana dan Public Speaking for Professional Putu Suprapti Santi Sastra,” ungkapnya.

Sementara itu Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa dalam sambutan tertulis yang dibacakan  I Wayan Yatnanadi memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan tersebut dan meminta agar para peserta sungguh-sungguh mengikutinya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini.  Kepada peserta saya minta agar dapat mengikutinya dengan tekun dan serius, sehingga lewat pendampingan jurnalistik ini kita dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat serta melakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik.” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan bidang kehumasan dengan kegiatan proses kerja efektif dan efisien produksi karya kreatif foto dan video.

“Penyelenggaraan ini diharapkan mampu membentuk tenaga kehumasan dan keprotokolan di Kabupaten Tabanan yang handal, profesional dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas dan kewajibannya,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemaparan dari narasumber Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali yang juga sebagai narasumber Putu Rio Rahdiana yang dilanjutkan dengan diskusi. (rlsHumasTabanan)