Ariani : Pembuatan Laporan Akhir Kewajiban Bawaslu

726
Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tabanan, Pentingnya pembuatan laporan kerja Pengawasan Pemilu yang di tulis secara komprehensif.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Tabanan, I Made Rumada, SE dalam Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, dihadapan komisioner ( Koodinator PHL) serta Sekretariat Penyelenggara Pemilu Kecamatan Se – Tabanan 2019 di Hotel Dewi Sintha Kediri, Tabanan, Minggu (30/6/2019).

Rapat ini juga dihadiri Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariani, SE.MM, dan dua anggota Bawaslu Tabanan I Ketut Narta, SE dan I Gede Putu Suarnata, SE.

Ariani menyatakan, pembuatan laporan akhir merupakan kewajiban Bawaslu sesuai amanat dalam pasal 142 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Pelaporan ini adalah tugas pengawasan dan laporan atas seluruh Tahapan Penyelenggaraan Pemilu.

Pembuatan laporan semua divisi Bawaslu maupun semua tingkatan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/ Kota wajib membuat, tegasnya.

Ketua Bawaslu Bali Ariani, atas nama peribadi dan Lembaga menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada Bawaslu Tabanan,Pengawas Pemilu Kecamatan, dan Pengawas Pemilu Desa serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara( PTPS) dalam menjalankan tugas dengan baik pada Pemilu Tahun 2019.

Pengawasan Pemilu 2019 yang telah bermanfaat dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umuk (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, imbuhnya.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tabanan Ketut Narta menyampaikan, membuat laporan tidak hanya sekedar menulis, kita merangkum potret yang penting, apa yang dilakukan dalam kerja pengawasan dan mendukumentasikan kerja-kerja Pengawasan selama Tahapan Pemilu 2019 dalam format laporan.

Narta mengingatkan pentingnya pendukumentasian kerja – kerja Bawaslu Tabanan serta jajarannya. Tulislah apa yang sudah kita lakukan dengan cara baik. Laporan tidak perlu tebal, dan narasi mudah dibaca, namun yang penting menyuguhkan laporan dalam bentuk tabel dan info grafik, mencatat kerja keras selama Tahapan Pemilu ini, tutupnya.(*mp)