Arnawa Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tabanan, 40 Anggota Dewan Dilantik dan Ambil Sumpah Jabatan

888
Arnawa Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tabanan, 40 Anggota Dewan Diambil Sumpah dan Janji

TABANAN, MEDIAPELANGI.com –Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Tabanan masa bhakti 2019-2024 dilantik di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabanan,Senin (5/8/2019). Pembacaan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tabanan  Gusti Ayu Susilawati SH. MH

Dalam Rapat Paripurna Istimewa ke 11 masa persidangan II tahun sidang 2019, Tentang pengucapan sumpah/ janji Anggota DPRD Tabanan masa bhakti 2019-2024.yang di pimpin Ketua DPRD I Ketut Suryadi dengan di hadiri oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti Wakil Bupati Komang Gede Sanjaya, Forkompinda Kabupaten Tabanan, Instansi Vertikal dan BUMD dan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan serta ratusan undangan lainya.

Rapat paripurna acara pengambilan sumpah janji anggota DPRD masa jabatan 2019- 2024, berdasarkan peraturan perundangan anggota DPRD sebelum memanggku jabatan mengucapkan sumpah janji secara bersama yang dipandu ketua Pengadilan Negeri Tabanan.

Anggota dewan yang terpilih dan dipercaya melaksanakan tugas untuk menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat 5 tahun mendatang. Sebanyak 40 wakil rakyat tersebut, 29  diantaranya merupakan wajah-wajah lama (incumbent) dan sisanya 11 orang merupakan pendatang baru.

Mereka datang dari berbagai Partai, diantaranya, Partai terbesar di Tabanan, PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

Sebelum dilantik, nampak semua Wakil Rakyat Tabanan tersebut terlebih dahulu melaksanakan upacara Mejaya-Jaya di Padmasana setempat yang dipimpin Ida Pedanda dari Griya Anyar Desa Cau belayu, Marga. 

Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Tabanan masa bhakti 2019-2024 dilantik di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabanan,Senin (5/8/2019). Pembacaan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tabanan Gusti Ayu Susilawati SH. MH

Sebelum ada penetapan Ketua DPRD sebagai pimpinan Dewan Sementara I Nyoman Arnawa, sedangkan Wakil Ketua dipercayakan kepada politisi partai Golkar, Ni Made Meliani.

Dalam siding Arnawa menjelaskan, kepercayaan yang diberikan masyarakat merupakan suatu amanah yang wajib dilaksanakan. “Karena kita adalah perwakilan rakyat yang bertugas untuk menyerap dan meneruskan aspirasi rakyat untuk pembangunan di segala bidang.

Sekarang kita akan memasuki gerbang baru dalam mengemban amanat rakyat. Mari kita berkomitmen, jadikan rumah rakyat ini sebagai tempat yang aman, nyaman dan penuh pengabdian dalam melaksanakan amanat rakyat,” katanya.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada anggota Dewan masa bhakti 2014 -2019 yang telah mengakhiri masa pengabdiannya.

“Bahwa kami harus selalu belajar dari apa yang telah dihasilkan pada masa sebelumnya  segala hasil yang telah tercapai, tentunya akan kami jadikan cermin dan tuntunan dalam melangkah pada masa pengabdian berikutnya,” ungkap Arnawa.

Sementara itu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti sangat mengapresiasi kegiatan ini, yang diungkapkannya saat membacakan sambutan Gubernur Bali.

Dalam sambutanya Bupati Eka mengatakan, inimerupakan momentum bersejarah sebagai akhir dari kompetisi demokrasi. “Terpilihnya wakil rakyat ini mencerminkan dinamika politik masyarakat. Proses pelantikan akhirnya rampung sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak, sehingga tidak terjadi stagnasi kepemimpinan dewan,” Imbuh Bupati Eka

Bupati Eka mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD terpilih dan menghimbau agar memperjuangkan aspirasi masyarakat yang telah memilih. “Atas nama Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat, Saya ucapkan selamat kepada para anggota Dewan  yang telah terpilih pada pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 lalu. Selamat memperjuangkan aspirasi dan harapan rakyat dengan sebaik- baiknya, dengan setulus-tulusnya dan dengan selurus-lurusnya,” tegas Bupati Eka.

Karena menurut Bupati Eka, kepercayaan dan harapan masyarakat itu adalah hal yang utama sehingga bisa menja semangat dan amanah dalam menjalankan kewajiban tugas dan tanggung jawab yang sangat mulia selama lima tahun kedepan. “Dan juga Saya ucapkan terimakasih kepada para  anggota  DPRD 2014-2019 atas pengabdian dan jasa –jasanya dalam pembangunan Daerah,” ucap Bupati Eka.

Pada kesempatan itu, Pemeritah Provinsi Bali juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Bali yang telah menggunakan hak konstitusional di dalam pemungutan suara  pada 17 April 2019 lalu. Serta terimakasih saya ucapkan  kepada seluruh jajawan KPU, Bawaslu selaku penyelenggara  parpol dan segenap partisan calon anggota legislative beserta jajaran TNI Polri yang bersama-sama berkontribusi menjaga keamanan.(ka)