Atasi Krisis Air Bersih, Pemkab Jembrana Bangun Tiga Sumur Bor

162
Wakil Bupati Jembrana Kembang Hartawan Memantau Pengerjaan Sumur Bor di Desa Yeh Embang

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Pemerintah Kabupaten Jembrana kini membuat tiga sumur bor baru dalam mengatasi masalah krisis air bersih yang dialami warga kabupaten Jembrana.

Daerah rawan krisis air bersih yakni di Desa Yeh Embang Kangin, Yeh Embang Tengah, Pendem dan Desa Warnasari, Kecamatan Melaya.

Sumur bor bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum ini nantinya dibangun dengan kedalaman 150 meter. Sumur bor ini nantinya akan mampu menarik 5 liter air per detik dan mampu mengaliri dua ribu hingga dua ribu lima ratus rumah tangga di daerah krisis air bersih tersebut.

Selain tiga titik sumur bor ini, Pemkab Jembrana diakhir tahun ini dan di tahun 2020 mendatang juga kembali akan mengusulkan penambahan sumur bor lagi sebanyak 13 titik dilokasi krisis air bersih lainnya.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan berharap dengan total 17 titik sumur bor yang akan dibangun ini, diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan krisis air berish yang kerap terjadi di beberapa wilayah dikabupaten ujung barat pulau Bali.

” Dengan total 17 usulan mudah-mudahan trealisasi semua, berarti semua permasalahan kesulitan air dimusim kering berkepanjangan bisa kita atasi,”katanya Jumat (5/7/2019).

Tiga sumur bor yang baru dibangun ini akan selesai dikerjakan pada bulan September 2019 mendatang.

Agar tidak terjadi permasalahan dalam pembagian air bersih dari sumur bor ini, nantinya Pemkab Jembrana akan menyerahkan penanganan termasuk pemeliharaan sumur bor ini kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau kepada masyarakat sekitar lewat swakelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). (ka-ak)