Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga Desa Kaliakah

31
foto - Salah Satu Rumah Warga Desa Kaliakah Yang Terendam Banjir

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Hujan yang terjadi dikabupaten Jembrana, mengakibatkan bencana banjir disejumlah titik. Didesa kaliakah kecamata Negara kabupaten Jembrana banjir merendam ratusan rumah warga.

Meluapnya air sungai Kaliakah akibat hujan lebat yang mengguyur kabupaten Jembrana Selasa (10/4) sore hingga petang tadi mengakibatkan bencana banjir.

Banjir menggenangi akses jalan di desa. Beberapa kendaraan yang mencoba menerobos genangan banjir terpaksa mogok ditengah jalan.

Selain menggenangi jalan,banjir dengan ketinggian air 50 centimeter sampai dengan 1 meter ini, juga mengenangi ratusan rumah warga.

Warga di desa ini mengaku tergangu dan tidak bisa beraktifitas secara normal akibat rumah mereka terendam banjir.

Salah satu warga Desa Kaliakah Nengah Koster mengatakan, ini karena hujannya terlalu lebat dan sungai tidak muat terjadilah banjir ke rumah-rumah dan gorong-gorong airnya karena tanggulnya kurang panjang disana air sungai naik.

Sementara itu, Kepala Desa Kaliakah  I Made Bagiartha berharap, adanya bantuan pemerintah untuk menangani masalah banjir yang kerap terjadi di desa ini setiap musim hujan,’ harapnya.

Untuk jangka pendek akan melakukan normalisasi sungai yang selama ini menjadi penyebab banjir.Diperkirakan banjir ini merendam ratusan rumahbaik yang ada di sebalah barat dan timur sungai. Hampir tidak ada yang bisa kami lakukan di desa selain kami berharap terhadap pemerintah daerah kalau memang fungsi daripada bendungan itu tidak bisa dirubah paling tidak ada tindakan prefentive berupa normalisasi sungai atau wallet sungai.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini, hanya saja korban material ditafsir mencapai ratusan juta rupiah. Akibat alat elektronik yang rusak tergenang banjir dan banyak ternak warga yang hilang dan diperkirakan hanyut terbawa banjir.(ka-ak)