Bantu Penyelidikan Kasus Perampokan, Seorang WNA Dapat Penghargaan

315
Bantu Penyelidikan Kasus Perampokan, Turis Asing Peroleh Penghargaan dari Polresta Denpasar. (ist)

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Seorang wisatawan asing peroleh penghargaan dari Polresta Denpasar karena membantu proses penyelidikan kasus perampokan di Money Changer BMC PT. Bali Maspintjinra di Jalan Pratama No. 36 CY, Kelurahan Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang dilakukan komplotan WN Rusia.

“Selama proses penyelidikan komplotan pelaku Curas yang dilakukan oleh warga negara Rusia, wisatawan asing ini sangat membantu,” terang Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan saat menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seorang wisatawan asing, Senin (1/7/2019) di Lounge Wirasatya 96 Polresta Denpasar.

Wisatawan asing tersebut bernama Regina. Perempuan asal Rusia ini banyak membantu menerjemahkan bahasa Rusia selama dalam proses penyelidikan komplotan pelaku perampokan asal Rusia, Georgii Zhukov (40) dan Robert Haupt (42).

Kombes Pol. Ruddi Setiawan menambahkan bahwa sesuai peraturan Kapolri tahun 2009 tentang penanganan perkara pidana dilingkungan kepolisian, di mana dalam hal orang yang ditangkap tidak paham atau tidak mengerti bahasa yang dipergunakan oleh petugas maka orang tersebut berhak mendapatkan seorang penerjemah.

“Peran penerjemah sebagai penghubung petugas kepolisian dengan terduga pelaku sangat penting di tengah kendala bahasa yang dipahami terduga pelaku dan petugas kepolisian,” jelas Kapolresta didampingi Kasat Reskrim Kompol I Wayan Arta Ariawan.

Dalam kesempatan tersebut selain mengucapkan terima kasih Kapolresta Denpasar juga memberikan kenang-kenangan kepada Regina berupa plakat dan piagam penghargaan Polresta Denpasar atas dedikasinya dalam membantu Kepolisian.

“Ini wujud apresiasi dan terima kasih kami atas kerjasama dalam membantu Kepolisian selama proses penyelidikan komplotan pelaku Curas asal Rusia,” kata Kapolresta. (aw)