Banyak Modus Aksi Kejahatan, Ini yang Dilakukan Pesonel Brimob Polda Bali

306
Antisifasi Tindak Kejahatan Personel Brimob Polda Bali di Lapangan Puputan Badung, Denpasar
Antisifasi Tindak Kejahatan Personel Brimob Polda Bali di Lapangan Puputan Badung, Denpasar (foto-ist)

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Beragam cara dilakukan petugas kepolisan guna mencegah aksi kejahatan jalanan seperti curanmor dan aksi pencurian lainnya. Seperti yang dilakukan personel Brimob Polda Bali di Lapangan Puputan Badung, Denpasar.

Dengan menenteng senjata laras panjang, pasukan Brimob Polda Bali yang tergabung dalam Satgas Tindak Ops Sikat Agung-2019 mendatangi dan menyapa satu persatu masyarakat yang tengah berkumpul di sekitar Lapangan Puputan Badung.

“Personel Brimob melakukan patroli dialogis dengan menyapa warga dan tukang parkir untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas,” ucap Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hengky Widjaja saat dihubungi, Minggu (7/4/2019).

Kabid Humas mengatakan, Lapangan Puputan Badung adalah salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga saat malam minggu. Keramaian ini kerap dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan aksi curanmor dan pencurian helm.

“Selain mengedepankan tindakan represif berupa penegakkan hukum, pelaksanaan Ops Sikat Agung juga mengedepankan kegiatan preventif dan preemtif sehingga angka kejahatan terutama curat, curas dan curanmor dapat ditekan,” kata Kombes Pol Hengky Widjaja.

Dijelaskannya, kehadiran polisi berseragam di titik-titik keramaian diharapkan mampu memberikan Deterrence effect atau efek gentar, agar tercipta situasi yang aman dan kondusif sehingga masyarakat merasa nyaman dalam beraktivitas.

“Dari hasil dialogis personel Brimob di lapangan bahwa sekitar Lapangan Puputan Badung sering terjadi pencurian helm. Ini menjadi masukan buat kami, untuk lebih mengintensifkan kring Reserse,” tegas Kabid Humas. (aw)