Bawaslu Tabanan Gelar Bimtek Pengawas Pemilu Desa

49
Bawaslu Tabanan Gelar Bimtek Pengawas Pemilu Desa, Jumat (28/8/2020)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Upaya meningkatkan kompetensi pengawasan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabanan tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawasan dan Rapat Pleno rekap pemutakhiran data pemilih kepada jajaran Pengawas Pemilu Desa se-Kabupaten Tabanan di Warung CS Bedha Tabanan, Jumat. (28/8/2020).

Pengawasan dan proses rekap pemutakhiran data pemilih yang akan dimulai 1 September 2020 oleh PPS.

Bimtek pengawasan proses rekap data pemilih itu dilakukan selama satu hari, dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, melalui pembatasan jarak dan tetap menggunakan masker.

Hadir sebagai narasumber Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Aryani, SE.MM, Bapak I Wayan Juana selaku Akedemisi, dan I Wayan Widyardana Putra, SE Kordiv Pengawasan Bawaslu Provinsi Bali.

Baca Juga:  Bahas KUA PPAS 2021, Rapat Banggar DPRD Tabanan dengan TAPD

Ketua Bawaslu Tabanan I Made Rumada membuka acara bimtek sekaligus memberikan arahan kepada PK/D bahwa tugas-tugas PK/D dalam mengawal proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bali Ketut Aryani, dalam pengawasan proses rapat pleno rekap pemutakhiran nanti, yang menjadi permasalahan yang timbul dalam pelaksaan pengawasan coklit di masing-masing desa kepada PPS. Imbuh Ariyani, semua jajaran pengawas agar memberikan saran dari setiap permasalahan yang ada jajaran di masing-masing kecamatan agar dalam menjalan tugas dan fungsi sebagai pengawas menjadi baik dalam Pengawasan Pilkada di Tabanan.  Pada prinsipnya sebagai pengawas berperan penting dalam pengawasan dari proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020.

Baca Juga:  Firli Minta Masyarakat Waspadai Pencatutan Nama KPK Jelang Pilkada Serentak

I Wayan Juana memaparkan, pilar utama pengawasan dalam mengawal proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yaitu attitude, knowledge, skill dan yang terakhir adalah spiritual, agar memiliki persiapan yang matang untuk melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih di tingkat Desa maupun Kecamatan.

Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Widyardana Putra menambahkan strategi dalam melaksanakan pengawasan guna mematangkan persiapan pleno rekap TPS dengan memperhatikan inventarisir, uji petik dan saran perbaikan, dan juga memberikan strategi pengawasan kampanye dalam pandemi covid-19.”tutupnya.(*mp)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here