Bawaslu Tabanan Gencarkan Gebyar Jaga Hak Pemilih

288

TABANAN, MEDIAPELANGI.com
Dalam upaya perbaikan dan “Menjaga Hak Pillih” terciptanya Daftar Pemilih yang akurat pada Pemilu 2019, Bawaslu Tabanan terus melakukan GGHP ” GEBYAR GERAKAN HAK PILIH”, turun ke Pasar Bajera Sabtu (20/10/2018) bersama Pengawas Pemilu Kecamatan dan Pengawas Pemilu Desa Se Kecamatan Selemadeg.

Lokasi yang menjadi sasaran Tim GGHP yakni Pasar Tabanan, Pasar Kediri dan Pasar Bajera yang dimulai dari hari jumat (19/10/2018)

Dari tiga lokasi yang telah dikunjungi Tim GGHP Bawaslu Tabanan memperlihatkan masih ada warga yang mempunyai Hak Pilih belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019, ujar Narta anggota Bawaslu Tabanan.

Misalnya pada hari ini, sabtu 20 oktober Tim GGHP turun ke pasar Bajera dari 35 sampel warga ditemui dan di masukan Nomor NIK dan Namanya pada aplikasi KPU RI PEMILU 31 Pemilih terdaftar dan 3 orang yang sudah punya hak pilih belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019.

Narta, mungkin tidak berlebihan menyatakan tentang ” MENJAGA HAK PILIH” khususnya di Tabanan.
Dipahami bahwa masih ada pemilih yang belum tercatat dalam DPT, maka pengawalan pada tahapan DPTHP kerena Daftar Pemilih Kompenen penting pada proses pemungutan dan Penghitungan Suara.

Terciptanya Daftar Pemilih Yang Akurat dan komprehensif harapan Penyelenggara dan Peserta Pemilu, untuk memastikan Hak Memilih Konstitusional Warga terpenuhi.

Persoalan Daftar Pemilih ini selalu terjadi dari Pemilu ke Pemilu, ini menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pada pemilu Tahun 2019.

Kesadaran dari Bawaslu , KPU dan Dukcapil untuk melakukan pembenahan pada Daaftar Pemilih Pemilu Tahun 2019.

Bawaslu meminta keterlibatan masyarakat sebagai Pemilih ran Peserta Pemilu untuk bersama – sama untuk melakukan pencermatan pada daftar pemilih, serta memberikan masukan dan tanggapan bilamana terdapat adanya Pemilih tidak sesuai.

Tegas Narta, Upaya perbaikan Daftar Pemilih dan menjaga hak pilih pada pemilu 2019 harus secara optimal.(tim)