Belasan Tenaga Medis Puskesmas Lakukan Pelatihan Pengambilan Swab

93
Belasan petugas Puskesmas dikabupaten Jembrana diberikan pelatihan pengambilan sample tes swab bagi penderita Covid-19.

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com Minimnya tenaga medis yang ahli dalam melakukan tes swab bagi pasien positif Covid- 19 dikabupaten Jembrana, disikapi serius Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jembrana dengan melatih belasan tenaga medis Puskesmas yang ada dikabupaten Jembrana.

Belasan petugas Puskesmas dikabupaten Jembrana diberikan pelatihan pengambilan sample tes swab bagi penderita Covid-19.

Pelatihan pengambilan tes swab ini dilakukan guna mempercepat penanganan kasus Covid- 19 dikabupaten Jembrana.

Pelatihan pengambilan sample swab pasien Covid-19 ini merupakan pelatihan pertama yang diberikan oleh team Covid-19 Labkes Propinsi Bali Dinas Kesehatan Provinsi Bali kepada tenaga medis dikabupaten Jembrana.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Ny Putri Koster Serahkan Bantuan Beras dan Masker Kain

Pelatihan yang diberikan tidak hanya bagaimana cara mengambil sample lendir hidung dan tenggorokan, tapi juga bagaimana memakai apd yang benar sebelum pengambilan swab dilakukan,”kata juru bicara Humas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 kabupaten Jembrana I Gusti Putu Arisantha,Senin (18/5/2020).

Arisantha mengatakan pelatihan pengambilan tes swab pasien Covid-19 ini diharapkan akan mampu membantu mempercepat pengambilan sample swab pasien Covid-19 dikabupaten Jembrana dimana selama ini pengambilan swab hanya dilakukan oleh dokter ahli yang jumlahnya terbatas.

Baca Juga:  Bupati Eka Serahkan Bantuan APD untuk Babinsa

“Tentunya pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas teman teman tenaga medis terutama analis dan perawat di rumah sakit dan Puskesmas dalam pengambilan swab,”ujarnya.

Putu Arisantha berharap, setelah mendapatkan pengetahuan cara pengambilan swab, belasan tenaga medis yang mengikuti pelatihan ini akan mampu membantu mempercepat penanganan Covid-19 dikabupaten Jembrana,”katanya. (mp/ka/ak)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here