Bupati Eka : Generasi Millennial Sebagai Pelopor Tertib Berlalu Lintas

341
Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti memuji kampanye keselamatan berlalu lintas Millenial Road Safety Festival.  Acara yang digelar Polres Tabanan, diyakini bisa menekan angka kecelakaan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Bupati Eka mengatakan bahwa tertib lalu lintas merujuk pada perilaku dan akhlak yang baik. Oleh karena itu, ia berharap para pelajar dan mahasiswa bisa tertib lalu lintas.

Tertib berlalu lintas merupakan kewajiban mutlak yang harus dilaksanakan. Dari data kecelakaan lalu lintas di jalan raya, hampir 70% menimpa kaum millennial, yaitu kaum muda-mudi yang umurnya masih produktif. Kisaran umur 15 sampai 30 tahun. “Umur ini merupakan umur yang sangat dibutuhkan bagi Keluarga, Bangsa dan Negara

Hal itu diungkapkannya Bupati Eka  saat menghadiri Deklarasi Millennial Road Safety Festival di Pangung Terbuka Garuda Wisnu Serasi, Tabanan,  Jumat, (25/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa tertib lalu lintas ini adalah salah satu potret generasi milenial menuju arah identitas bangsa. Ia menilai kalau tertib bisa menunjukkan identitas orang yang taat aturan. Hal tersebut menunjukkan kalau orang Indonesia taat aturan dan punya karakter dan budaya yang baik.

Dengan diadakannya festival tertib berlalu lintas ini, Dirinya berharap kegiatan ini dapat mengingatkan generasi muda, yaitu generasi milenial untuk berlaku tertib dan mematuhi segala aturan berlalu lintas. Serta membuat kegiatan-kegiatan positif yang menumbuh kembangkan kemajuan pribadinya.

Diharapkan semua komponen bersatu padu menyelamatkan generasi millennial yang sangat kita banggakan.Jagalah keamanan dan keselamatan saat berkendara. Dan semoga kegiatan ini menjadikan inspirasi bagi kita semua, khususnya kaum millennial sebagai pelopor tertib berlalu lintas,”harap Bupati Eka.

Sementara itu menurut Kapolres Tabanan, AKBP Made Sinar Subawa, menyebutkan acara ini bertujuan untuk mengajak para kaum milenial supaya lebih tertib lagi untuk mengikuti peraturan lalu lintas.

Sinar Subawa mengungkapkan Millennial Road Safety Festival dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Sebab sepanjang tahun 2018, di wilayah hukum Polres Tabanan terjadi 319 kasus kecelakaan, dari 169 orang korban berumur 16 sampai dengan 30 tahun yang merupakan generasi millennial yang umurnya masih produktif.

Millennial Road Safety Festival ini sebagai bentuk kepedulian Kepolisian Republik Indonesia terhadap millennial. Agar mereka tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan untuk memberdayakan kaum millennial dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, guna tercapainya tujuan Road Safety to Zero Accident.

Millenial Road Safety Festival 2019 ini juga diharapkan mampu menekan jumlah angka kecelakaan.Aksi serentak tersebut akan dilaksanakan  17 Februari 2019 mendatang di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar. Dengan melibatkan kaum millennial dari kalangan pelajar dan mahasiswa se-Bali.(ka)