Bupati Eka Resmikan Kantor Desa Gadungan, Berikan yang Terbaik dalam Membangun Desa

41
foto- Bupati Eka Resmikan Kantor Desa Gadungan dengan Penandatangan Prasasti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com-Salah satu agenda prioritas dalam program Nawa Cita yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam negara kesatuan.

Desa adalah satuan terkecil dari sistem pemerintahan dan menempati posisi strategis dalam proses pembangunan nasional. Oleh karena itu dalam membangun desa harus memberikan dan menunjukkan yang terbaik sehingga terwujud pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan desa itu akan menunjukkan identitas desa itu sendiri.

Hal tersebut diuangkapkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam acara peresmian Kantor Desa, Kahyangan Kantor Desa, Pasar Desa, Kahyangan Melanting dan bangunan Sari Mulya Arta Desa Gadungan Kamis (29/3) di Kantor Desa Gadungan, Selemadeg Timur, Tabanan.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Anggota DPRD Tabanan I Wayan Eddy Nugraha Giri, Camat Seltim dan tokoh masyarakat setempat.

“Pembangunan dimulai dari Desa, maka dari itu semua harus menunjukkan yang terbaik karena pembanguna desa yang berhasil akan menunjukkan identitas desa itu sendiri. Sehingga nantinya diharapkan pelayanan publik akan bisa berjalan dengan baik pula,” ungkap Bupati Eka.

Bupati Eka pada hari itu juga memberikan apresiasi atas gotong royong warga desa Gadungan. Ini membuktikan bahwa komunikasi dan koordinasi antara semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah telah terjalin dengan baik. Dan pemerintah akan selalu memberikan dukungan kepada masyarakat untuk mewujudkan visi mis Tabanan Serasi.

“Semua ini tidak terlepas dari gotong royong masyarakat dan pemerintah. Ke depan program partisipatif ini hendaknya terus berlanjut dan berkesinambungan. Pemerintah dalam hal ini akan selalu memberikan dukungan sehingga apa yang menjadi visi mis Tabanan Serasi dapat terwujud,” imbuh Bupati Eka.

Dalam acara tersebut Bupati Eka dan rombongan juga menyerahkan dana punia yang diterima panitia setempat.

Sementara itu Perbekel Desa Gadungan I Wayan Muliartana melaporkan dalam percepatan pembangunan di Desa Gadungan khususnya di pusat pemerintahan dan Perekonomian pihaknya telah berhasil mewujudkan; pembangunan pasar Desa (terdiri dari 3 tahap), penataan halaman pasar desa, pembangunan kantor desa (dua tahap), pembangunan ruangan kepala kewilayahan dan pembangunan padmasana kahyangan kantor desa.

“Adapun jumlah dana antara lain; Pembangunan pasar desa tahap I,II,dan III  di tahun 2016-2018 menghabiskan dana sebesar Rp 1.338.955.500 dari Dana Desa/DD,  penataan pasar desa Rp 30.000.000, pembangunan kantor desa tahap I, II sebesar Rp 800.000.000 yang bersumber dari APBD Tabanan tahun 2016 dan 2017. Pembangunan ruangan kepala kewilayahan dan padmasana kahyangan kantor desa bersumber dari Alokasi Dana Desa/ADD. ” jelasnya.

Pihaknya mengatakan,  partispasi masyarakat dalam pembangunan juga dilakukan seperti pembangunan lapak pasar senggol, pondasi penyengker kantor desa, penyengker dan gapura kantor desa, pembangunan stage/panggung untuk pementasan dan finishing lantai I Kantor Desa. Pembiayaan dilakukan dari sumber galian C, penggalian Dana BBAT, serta penggalian dan dan sumbangan lainnya.

“Selain itu partisipasi masyarakat juga dilakukan dalam membangun kahyangan kantor desa yang terdiri dari tugu, bataran piasan, baturan, pondasi penyengker. Pembangunan  lain meliputi kahyangan melanting, dan finishing luar kantor desa, semuanya total pembangunan sebesar Rp 640.855.000,” ungkapnya.

Tak lupa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada k semua pihak yang telah berpartisipasi dan juga menjadi donatur dalam membantu dan mensukseskan pembangunan di Desa Gadungan. Mengingat beberapa bangunan belum bisa dirampungkan pihaknya berharap partisipasi dari semua pihak untuk mendukung kelancaran pembangun Desa Gadungan. @Hms-mp.