Bupati Tabanan Kembali Raih Penghargaan Government Award

51
foto - Bupati Tabanan Kembali Raih Penghargaan Government Award diserahkan secara langsung oleh Hary Tanoe Soedibjo selaku chairman MNC group kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.Kamis (5/4)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali meraih penghargaan Government Award 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah Sindo Weekly, Kamis (5/4) di Hotel Pullman Thamrin Jakarta.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Hary Tanoe Soedibjo selaku chairman MNC group kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Prestasi ini merupakan yang ketiga kalinya diraih Pemkab Tabanan setelah sebelumnya meraih penghargaan yang sama di tahun 2016 dan 2017.

Tahun ini penghargaan ini diraih atas program pelayanan administrasi berbasis teknologi yang sukses diterapkan di Kecamatan Kerambitan Tabanan yakni Taman Serasi.

Bupati Eka dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diterimanya. Dirinya mengatakan penghargaan ini membuktikan bahwa Tabanan dapat berinovasi dengan program-programnya, salah satunya adalah sistem layanan publik berbasis Informasi teknologi (IT), yaitu Taman Serasi.

“Puji syukur atas penghargaan ini, artinya dengan diraihnya penghargaan ini Tabanan selalu  inovatif dengan program-programnya. Untuk penghargaan ini kami memang mengajukan pelayanan publik dengan sistem administrasi berbasis teknologi yang telah diterapkan di kecamatan Kerambitan,” ungkap Eka.

Dijelaskannya, program pelayanan publik sistem administrasi berbasis teknologi merupakan cara Pemkab Tabanan untuk mendata masyarakat lebih akurat dan lebih baik lagi dan program ini sangat bermanfaat.

“Meskipun dengan sistem teknologi yang sederhana, namun program ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan data yang akurat.  Secara anggaran memang kami baru  implementasikan di 3 kecamatan, namun kedepannya akan secara bertahap ke kecamatan lainnya”, jelas Eka.

foto -Bupati Eka Kembali Raih Penghargaan Government Award

Bupati Eka juga berharap dengan diraihnya penghargaan ini kualitas kinerja pemerintah dan jajarannya akan semakin meningkat. Dan program ini akan menjadi prioritas Tabanan, sehingga ke depan dapat dijangkau seluruh Kecamatan.

“Saya berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk kami agar mempertahankan prestasi dan optimis untuk kinerja yang lebih baik lagi. Khususnya dalam program ini akan menjadi prioritas kami agar dapat dijangkau seluruh kecamatan di Tabanan. Semoga kita bisa mewujudkan mal perizinan satu pintu di kecamatan Kerambitan tahun depan”, harap Bupati Eka.

Proses kemunculan Taman Serasi berawal dari Lomba Intan atau Inovasi Kecamatan beberapa tahun lalu yang digagas Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tabanan. Dan dimenangkan Kecamatan Kerambitan dengan program Taman Serasi. Pemanfaatan layanan online ini tinggal diakses melalui ponsel berbasis android. Di mana saja dan kapan saja.

Camat Kerambitan I Gede Sukanada menyampaikan dukungannya terhadap program yang telah dibuat oleh Pemkab Tabanan. Dirinya berharap keberhasilan program ini dapat diikuti dan juga menjadi motivasi bagi Kecamatan lain di Tabanan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tabanan yang telah mendorong kami untuk semakin inovatif dan selalu intens memantau kinerja kami di tingkat kecamatan. Saya berharap dengan penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk kecamatan lainnya di Tabanan”, papar Sukanada.

Sukanada menjelaskan, Taman Serasi merupakan sistem yang mengintegrasikan sejumlah pelayanan publik. Dengan Taman Serasi, masyarakat dimudahkan mengakses beberapa layanan publik. Baik yang bersifat perijinan maupun non perijinan. Bahkan masyarakat bisa mengakses layanan ini melalui ponsel berbasis android.

“Adapun cakupan pelayanan tersebut, meliputi Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan. Seperti penerbitan Surat Izin Usaha Menengah Kecil IUMK,  Pelayanan Non Perijinan seperti  Permohonan Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP), Permohonan Cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), Permohonan Cetak Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Kematian, Surat Pindah Antar Kecamatan, Surat Keterangan Tidak Mampu, Rekomendasi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK), dan lainnya” imbuhnya.

Sementara itu, Hary Tanoe Soedibjo selaku Chairman MNC Group memberikan apresiasi kepada seluruh kepala daerah dan tokoh inspiratif yang telah meraih penghargaan tersebut, Dengan diselenggarakannya award ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh untuk kepala daerah lainnya yang belum berkesempatan mendapatkan penghargaan ini.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang telah berprestasi dalam memajukan Indonesia. Negeri ini memang sangat membutuhkan kepala daerah dan tokoh inspiratif yang dapat memajukan Indonesia serta mewujudkan kesejahteraan untuk masyarakat”, tutur Hary Tanoe.

Penghargaan Government award merupakan  penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah tingkat kabupaten, kota, provinsi dan tokoh inspiratif  yang telah memberikan kontribusi dalam memajukan Indonesia dalam berbagai program. Diantaranya dalam kategori layanan publik,  infrastruktur,  e-government, pertumbuhan ekonomi, perempuan dan anak, pariwisata, sanitasi lingkungan, seni dan budaya; toleransi, investasi; dan tata ruang dan pemukiman.  @HumasTabanan.