Cegah Penyebaran Corona, PAC PDIP Gencar Sosialisasikan Pemakaian Masker

63
Jajaran Pimpinan Anak Cabang(PAC)PDIP Kecamatan Tegallalang membagikan masker di Pasar Tradisional.

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19,di wilayah Tegallalang. Hal itu dilakukan oleh jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Tegallalang, melakukan pembagian masker. Selain membagi masker, mereka juga memberi imbauan pentingnya menggunakan masker terutama difasilitas umum seperti pasar dan persimpangan jalan.

“Ini yang menjadi target penyebaran ratusan masker yang dibagikan untuk warga yang melintas, pengunjung pasar hingga pedagang,”kata Ketua PAC PDIP Kecamatan Tegallalang I Nyoman Budi Antara,”Senin (13/4/2020).

Dikatakanya terlebih di wilayah Tegallalang, Gianyar, yang kini salah satu warganya yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dinyatakan positif corona, setelah pulang dari luar negeri. “Terlebih lagi sekarang di Tegallalang sudah ada warga yang positif corona, kami akan terus upayakan aksi ini”,jelasnya.

Budi menjelaskan kegiatan ini sebagai sosialisasi pentingnya menggunakan masker di tengah wabah virus corona yang telah menjangkiti Indonesia. Pihaknya melihat masih banyak warga yang belum sadar menggunakan masker.

Baca Juga:  Update Covid-19 Pemprov Bali 29 Mei: Kasus Positif Bertambah 23 Menjadi 443 Orang, Total Sembuh 320 Orang

“Kami melakukan kegiatan imbauan dan informasi terus kepada warga, terutama mereka yang terpaksa keluar dari rumah, agar terus menggunakan masker. Saat ini masker wajib digunakan setiap warga, tidak hanya yang sakit, namun yang sehat juga perlu pakai,” ujar Budi Antara.

Ditambahkanya keinginan untuk memutus rantai penyebaran corona ini bahkan akan di lakukan pemberian masker di sekitar tetangga desa dan perkampungan perbatasan di Desa Kenderan,Tegallalang.

Selain itu, dalam waktu berjenjang, juga akan disebar masker menyasar pasar tradisinal lainnya, seperti Pasar Desa Taro dan Pasar Talepud, Sebatu, Tegallalang. ” Kami akan lanjutan aksi pencegahan dengan cara menyebar masker di pasar tradisional” , tambahnya.

Sementara itu, khusus di Pasar Talepud, Sebatu, Tegallalang, hari ini ( 13/4/2020) juga dilakukan himbauan untuk seluruh pengunjung pasar, baik pedagang dan pengunjung di himbau untuk menggunakan masker.

Pasar yang menjadi tempat pertemuan pembeli dan penjual dinilai sangat rentan terjadinya penyebaran virus, lebih-lebih kontak langsung kerap terjadi saat jual beli barang.

Baca Juga:  Penggunaan Air PDAM Tabanan Meningkat Sejak Pandemi Covid-19

Penggunaan masker adalah hal penting saat ini, karena kita semua tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit ketika kita di luar rumah,” ujar Budi Antara.

Dengan melibatkan Satgas Gotong Royong yang dibentuk oleh Desa Pakraman Talepud, petugas turun langsung menghimbau disetiap sudut pasar.

Sementara itu menurut Bendesa Pakraman Talepud, I Nyoman Suyasa, berharap semua pengunjung pasar mematuhi himbuan untuk menggunakan masker. Tiang (saya) menghimbau pengunjung pasar untuk menggunakan masker saat ke pasar”, harapnya.

Bahkan tidak hanya dihimbau dan wajib menggunakan masker, setiap pengunjung saat masukndan keluar pasar juga harus mencuci tangan.

Setidaknya ada empat titip wastafel yang sudah disiapkan oleh pihak pasar setempat untuk memfasilitasi, demi mencegah peredaran Covid 19.”Kami sudah sediakan empat lokasi untuk mencuci tangan pengunjung pasar”, tambahnya.(mp/cin )

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here