Cuaca Ekstrem, Dinkes Minahasa Tenggara Siagakan Seluruh Puskesmas Antisipasi Bencana

28
Helni Ratuliu, Kadis Kesehatan Minahada Tenggara (ANTARA)

MINAHASA TENGGARA, MEDIAPELANGI.com – Dinas Kesehatan menyiagakan seluruh Puskesmas di Kabupaten Minahasa Tenggara mengantisipasi terjadinya bencana alam, akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut.

“Sesuai dengan instruksi Bupati James Sumendap, kami dari Dinas Kesehatan sudah menyampaikan ke puskesmas untuk bersiaga jika terjadi bencana alam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan, Jumat (31/7/2020).

Ia mengungkapkan, seluruh tenaga medis akan disiagakan jika terjadi bencana dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga:  Kemenparekraf Optimistis Target 10 Juta UMKM "Go Digital" Tercapai Tahun 2020

“Melihat kondisi cuaca yang berpotensi terjadinya bencana, makanya semua tenaga medis akan disiagakan, baik itu yang ada di puskesmas maupun di kabupaten,” katanya.

Lebih lanjut kata Helni, seluruh kepala Puskesmas dimintakan untuk mengatur jadwal petugas medis, sehingga tetap siaga ketika terjadi bencana.

“Jangan sampai terjadi kekurangan tenaga medis ketika diperlukan. Jadi harus dipersiapkan secara baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Baca Juga:  KPU Revisi Lagi PKPU Wujudkan Pilkada Aman dari COVID-19

Selain itu kata Helni, setiap Puskesmas wajib memberikan sosialisasi tentang ancaman penyakit yang bisa timbul di musim penghujan.

“Tetap sosialisasikan pola hidup bersih kepada masyarakat. Sehingga dapat mengantisipasi penyakit yang timbul saat musim hujan, seperti demam berdarah,” tambahnya.(ant)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here