Curah Hujan Tinggi Petani Gianyar Panen Memilih Lebih Awal

23

Gianyar,mediapelangi.com-Curah hujan yang  tinggi mengakibatkan,petani padi diwilayah Payangan,  Gianyar,kesusahan.Panen pun dilakukan lebih awal untuk mengurangi resiko padi rusak akibat hujan disertai angin kencang.

Ni Wayan Mariani,salah seorang petani padi mengatakan,karena curah hujan tinggi para petani di desa ini terpaksa harus memanen padinya lebih awal dari biasanya.“Ini karena hektaran tanaman padi diwilayah ini,rawan tersapu dan roboh , saat hujan deras disertai angin kencang, makanya untuk menghindari kerusakan kami panen lebih awal,”keluhnya.

Mariani mengaku,panen lebih awal,petani kini masih dihadapkan pada susahnya mengeringkan gabah akibat susahnya mendapatkan sinar matahari.

Oleh sebab itu satu-satunya cara hanya dengan cara bergilir,upaya mendapatkan sinar yang lebih banyak / petanipun terpaksa menjemur disepanjang jalan raya.

Wilayah ini berada diwilayah pegunungan yang intensitas hujan memang lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya di Gianyar.untuk menjemur gabah,dimusim hujan hanya mendapatkan tiga hingga empat jam sinar matahari , sehingga gabahpun tidak kering secara sempurna dan rawan membusuk,”pungkasnya.(eka-ad-mp).