Desa Adat Beraban Serahkan 1.772 Paket Sembako Bagi Warganya

573
Desa Adat Beraban Serahkan 1.772 Paket Sembako Bagi Warganya

TABANAN,MEDIAPELANGI.com – Gotong royong dan bahu membahu dalam menghadapi pandemi  Covid-19 terus dilakukan desa-desa di Kabupaten Tabanan.

Seperti yang dilakukan Desa Adat Beraban, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan yang membagikan berupa paket sembako dari Desa Adat setempat untuk meringankan beban warga disaat corona melanda yang dibagikan ke masing-masing di 15 Banjar adat Beraban, Sabtu (16/5/2020).

Paket sembako yang dibagikan  kepada 1.772 Kepala Keluarga berisikan beras, minyak goreng,mie instan dan masker.

Bendesa Desa Adat Beraban, I Made Sumawa mengatakan paket sembako diberikan kepada warga. Mengingat sebagian besar mata pencaharian warganya sebagai pedagang, pariwisata, dan pertanian, yang sangat terdampak dengan adanya pandemi saat ini. “Paket ini diberikan mengingat banyak warga tidak bisa bekerja secara normal akibat terdampak oleh Covid-19, karena sebagian besar warga kami bekerja di sektor pariwisata,  ada pula buruh bangunan dan petani”, ujarnya.

Baca Juga:  Sekda Bali, Bantah Intruksikan Warga Boleh Keluar Rumah untuk Bekerja Ditengah Pandemi Covid-19

Sumber dana untuk bantuan ini disebutkan oleh Sumawa berasal dari BKK, donator dari anggota DPRD Tabanan I Made Edi Wirawan, dan pengusaha lainya yang ada di wilayah Desa Beraban.

Dengan demikian, bantuan paket sembako ini bisa diberikan kepada seluruh warga adat Desa Beraban.

“Bantuan ini diberikan kepada seluruh warga adat Beraban. Namun dari 1.802 Kepala Keluarga (KK) adat yang mendapatkan bantuan hanya 1.772 KK. Sedangkan 30 warga lainya sudah mendapatkan BLT dan BPNT, tidak lagi mendapatkan bantuandari desa adat, sehingga bantuan ini tidak tumpeng tindih.

Melalui bantuan ini, pihaknya berharap kesulitan warga dapat sedikit teratasi. “Krama mengambil sembako di banjar masing-masing untuk menghindari adanya kerumunan warga ,” bebernya.

Krama Desa Adat Beraban mengambil sembako selanjutnya akan dibagikan di masing -masing Banjar.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan I Made Edi Wirawan disela-sela pembagian sembako mengatakan, sebagai karma adat Beraban salut dengan apa yang sudah dilakukan Satgas Gotong Royong pencegahan Covid-19 Desa Beraban, utamanya para pecalang, prajuru adat dan dinas secara totalitas dan tulus iklas.

Baca Juga:  Bupati Eka Imbau Warga Tabanan Tidak Mudik

“Kami salut dan apresiasi kerja Satgas Gotong Royong di Desa Adat Beraban. “Jadi mereka perlu terus kita dukung,”ujar politisi senior PDI Perjuangan yang juga asal Desa Beraban ini.

Ia juga mengapresiasi Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Adat Beraban yang setiap seminggu dua kali melakukan penyemprotan disinfektan dan melakukan pencegahan optimal.

“Kami harapkan masyarakat menjalankan berbagai himbauan dari pemerintah untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengurangi aktivitas di luar rumah untuk hal-hal yang kurang mendesak, serta tetap menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah,”tandasnya.(mp/ka)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here