Desa Belantih Mantapkan Kemenangan Koster-Ace di Bangli

91

BANGLI , MEDIAPELANGI .com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) diunggulkan menang pada Pilkada serentak 27 Juni 2018. Kabupaten Bangli menjadi salah satu kantung suara Koster-Ace. Dukungan pun terus mengalir. Kini warga di Desa Belantih, Kecamatan Kintamani yang semakin memantapkan kemenangan Koster-Ace di Kabuaten Bangli.

Ya, kebulatan tekad itu dinyatakan warga pada saat simakrama tim pemenangan Koster-Ace di Desa Belantih yang dihadiri Sekretaris Tim Pemenangan Koster-Ace Provinsi Bali IGN Kesuma Kelakan, anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Bangli Wayan Diar,  kelian-kelian dadia, Jro Bahu, sekehe teruna, serta sejumlah tokoh maayarakat lainnya.

Pada kesempatan itu pria yang karib disapa Alit Kelakan itu memaparkan visi, misi dan program unggulan Koster-Ace yang dijalankan dengan konsep one island, one management, dan one plan sebagai solusi untuk mengatasi pembangunan Bali yang dinilai timpang antarkabupaten.

Alit Kelakan juga menjelaskan program Koster-Ace yang nyata keberpihakannya kepada masyarakat Bali, di antaranya pendidikan gratis 12 tahun, pelayanan kesehatan gratis dengan menyempurnakan program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) dengan nama program Krama Bali Sehat (KBS) serta sejumlah program unggulan lainnya.

Koster-Ace, lanjut dia, juga secara khusus memberikan pelayanan kesehatan untuk para pemangku dan sulinggih. “Terkait dengan bidang kesehatan, khusus untuk para pemangku dan sulinggih akan dijamin oleh pemerintah Provinsi Bali,” jelas Alit Kelakan.

Tak hanya pelayanan kesehatan, Koster-Ace juga akan menjamin kesejahtetaan para pemangku dan prajuru desa pakraman. “Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan layanan layanan kesehatan dan kesejahtetaan para pemangku dan prajuru desa adat,” papar dia.

Di sisi lain, Alit Kelakan juta merinci program program bedah rumah Rp50 juta per unit, bantuan untuk desa adat Rp300 juta per tahun, mendirikan BUMD untuk membeli hasil panen petani sehingga tidak dijual murah kepada tengkulak. Selain itu, Koster-Ace juga akan memberi subsidi untuk ngaben dan metatah massal yang anggarannya bersumber dari APBD. Tak hanya itu, bagi yang ingin bekerja di luar negeri, Koster-Ace akan memfasilitasi pinjaman lunak.

Pada kesempatan itu  juga disampaikan hasil survei, di mana Koster-Ace unggul atas lawannya. Atas dasar itu, Alit Kelakan mengajak krama Bangli untuk semakin kompak, terus solid dan bekerja keras untuk mempertahankan kemenangan sekaligus bisa menambah prosentase kemenangan hasil survei tersebut. “Kita optimis Koster-Ace menang. Kita harus tetap kompak dan bekerja keras agar Koster-Ace meraih kemenangan melebihi prosentase hasil survei yang sudah dirilis,” paparnya.

Seperti biasa, di akhir simakrama tersebut warga menyatakan sikap mendukung, memilih sekaligus memenangkan Koster-Ace pada 27 Juni mendatang. Mereka dengan lantang memekikkan yel-yel “Salam Satu Jalur” dan “Koster-Ace Menang! Menang! Menang!”.(mp)