Desa Candikuning Mulai Salurkan BLT Dana Desa Tahap Pertama

261
Pemerintah Desa (Pemdes) Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan mulai  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kepada warganya yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Selasa (12/5/2020).

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan mulai  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kepada warganya yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Selasa (12/5/2020).

Perbekel Desa Candikuning I Made Mudita mengatakan, jumlah penerima BLT DD di Candikuning sebanyak 166 orang. Setiap orang menerima Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan.

“Mereka (penerima BLT) merupakan warga kurang mampu dan terdampak Covid-19, serta tidak termasuk sebagai menerima bantuan lainnya,”katanya.

Penyerahan dengan disaksikan Camat Baturiti, Kapolsek dan Danramil serta BPD, satu persatu warga dipanggil petugas dengan pengawasan perbekel I Made Mudita.

Setiap warga diwajibkan membawa kartu keluarga dan KTP serta menandatangani dokumen bukti penerimaan BLT. Untuk menunjukkan transparansi,uang yang dberikan sebesar Rp 600 ribu dihitung didepan penerima sebelum dimasukan ke amplop dan disegel.

Kemudian amplop berisi uang tersebut  diberikan kepada penerima dan difoto satu persatu sebagai bukti,”ungkapnya.

Dikatakan Mudita pihaknya telah melakukan pendataan warga yang memang berhak menerima BLT sesuai kreteria keluarga miskin.

Baca Juga:  Wabup Sanjaya Sembahyang di Pura Puseh Bale Agung dan Pura Dalem Kota Tabanan

Dari pendataan dan sesuai dengan data nasional, kemudian terdata sebanyak 166 orang warga di seluruh desa Candikuning yang berhak mendapatkan BLT DD, yang bersumber dari dana desa. “Ada 166 orang warga yang berhak mendapatkan BLT DD,” jelas Mudita.

Ditambahkan, dana yang diterima oleh setiap orang yang terdaftar sebesar Rp 600 ribu setipa bulan selama tiga bulan. Pihaknya berharap dana yang diterima tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik ditengah pandemi Covid-19 ini.

“BLT DD baru tahap satu sesuai PMK Nomor 40/2020, bahwa penyaluran Dana Desa di bagi jadi 3 tahap. Penyaluran tahap pertama untuk bulan April, dimana tahap berikutnya akan menyusul,”ungkapnya.

Pebekel Desa Candikuning I Made Mudita (berdiri) mulai menyalurkan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Selain itu, pihaknya juga sengaja mengundang camat, kapolsek beserta Danramil serta BPD untuk menyaksikan secara langsung penyerahan BLT tersebut  dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kami ingin penyerahan ini benar-benar transparan sehingga seluruh tripika kami ajak untuk menyaksikan sekaligus menghimbau agar dana ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya

Baca Juga:  Pramuka Peduli Kwarda Bali, Menggelar Aksi Sosial Peduli COVID–19 di Marga

”Semoga dengan bantuan yang disalurkan kepada masyarakat penerima BLT dapat meringankan beban perekonomian di masa pandemi seperti sekarang ini,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga penerima BLT mengucapan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah terkait dampak penurunan perekonomian dimasa pandemi Covid-19.

”Astungkara saya sangat berterima kasih atas uluran tangan dari Bapak Presiden, Bapak Mentri Desa, Gubernur, Ibu Bupati, pemerintah desa khususnya Kepala Desa, ketua BPD beserta jajarannya yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan,” ucapnya.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, Pemerintahan Desa Candikuning telah melakukan berbagai langkah preventatif, berupa sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat, juga melakukan penyemprotan disinfektan ditempat umum maupun di rumah-rumah masyarakat.

“Untuk itu, saya mengingatkan kepada masyarakat Desa Candikuning untuk tetap mengikuti intruksi pemerintah, jaga jarak, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker jika keluar untuk beraktifitas diluar rumah,” tutupnya.(mp/ka)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here