Desa Wisata Nyambu Kini Miliki Monumen Pesawat Terbang dan Galeri Kenangan Marsekal TNI I.B Putu Dunia

58

Tabanan (Mediapelangi.com)-Setelah diresmikan oleh Bupati Tabanan sebagai Desa Wisata Ekologi pada tangal 29 April 2016 tahun lalu, Desa Nyambu, Kediri Tabanan terus bebenah.

Disamping potensi alam pedesaan, pertanian dan adat istiadatnya, kini salah satu yang diharapkan bisa menjadi daya tarik dan keunikan Desa Wisata Nyambu adalah hadirnya Monumen Pesawat Terbang dan Galeri kenangan Marsekal TNI I.B Putu Dunia yang peresmiannya dilakukan pada Minggu (8/10/2017) oleh Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Wayan Superman.

Seperti diketahui Putu Dunia  adalah salah satu putra terbaik asal Tabanan kelahiran Desa Nyambu yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Monumen Pesawat Terbang dan Galeri tersebut dibangun diareal rumah Marsekal TNI I.B Putu Dunia disebuah bangunan berlantai dua yang diatasnya terdapat pesawat latih berwarna merah. Sedangkan di lantai bawah ditata apik sebagai galeri yang berisi photo-photo, bintang dan lencana kehormatan, baju kedinasan, dan berbagai penghargaan yang pernah diterima oleh IB. Putu Dunia selama kariernya.

Perbekel Desa Nyambu I.B Putu Sunarbawa menyampaikan, monumen dan galeri tersebut pembangunannya dilakukan selama empat bulan dan  digagas sebagai salah satu bentuk inovasi dalam pembenahan atraksi wisata desa sekaligus sebagai daya tarik bagi generasi muda Desa Nyambu dalam hal pendidikan dan pengetahuan untuk mencapai karier di berbagai bidang lainnya, ucap Sunarbawa.

Hal senada disampaikan oleh Marskal TNI IB Putu Dunia, berbekal pengalaman selama meniti kariernya, Ia berharap akan lahir generasi muda yang lebih baik. “Saya tidak ingin menjadi satu-satunya orang dengan bintang empat di Bali, tetapi ingin menjadi yang pertama dengan harapan akan ada  generasi baru”, tegasnya.

Desa Nyambu adalah salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Kediri Tabanan, bisa ditempuh 30 menit dengan kendaraan dari pusat Kota Tabanan searah menuju desa Kaba-Kaba  (*/mp).