Dewan Minta Pemkab Tabanan Lakukan Pencegahan Maksimal, Pendatang Diisolasi di Satu Tempat

1623
Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dalam video conference dengan jajaran Forkopimda, Kamis (09/4/2020)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Wabah virus corona atau covid-19 menjadi perhatian banyak kalangan, tak hanya pemerintah seluruh lapisan masyarakat juga diharapkan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus tersebut.

Apalagi di Tabanan kini sudah ada warga lokal yang positif Covid-19.

Hal ini menjadi perhatian Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga. Dalam video conference dengan jajaran Forkopimda, Kamis (09/4/2020), meminta kewaspadaan ditingkatkan sekaligus mengusulkan para pendatang yang membludak ditempatkan di satu lokasi khusus untuk isolasi sehingga bisa diawasi.

Dirga menilai hal tersebut sangat perlu dilakukan mencegah penyebaran Covid-19 di Tabanan. Pasalnya menurut Dirga banyak dari mereka yang masuk staus orang tanpa gejala (OTG) tidak disiplin melakukan isolasi diri, bahkan ada yang berani melawan petugas. Dirinya khawatir kalau hal ini dibiarkan begitu saja, kemudian ternyata ada yang positif, baru kelabakan termasuk melakukan tracking orang tersebut. “Harus disiapkanya satu tempat khusus untuk melakukan isolasi. Tolong carikan tempat,” pinta Dirga.

Baca Juga:  Bupati Eka Terima Berbagai Bantuan CSR dari Beberapa Bank BMPD dan Yayasan Ekalawya

Hal lain yang juga menjadi evaluasinya yakni disiplin masyarakat di tempat umum seperti pasar. Menurut Dirga dari pantauan Dandim Tabanan, masih banyak warga yang datang ke pasar tidak mengenakan masker.

Begitupun dengan di bilik disinfektan ternyata  banyak yang tidak melewati bahkan menghindari karena tidak ada petugas yang jaga. “ Ini harus dievaluasi, harus ada sanksi sehingga masyarakat mau tidak mau mengikuti anjuran pemerintah,” tandasnya.

Melihat itu, pihaknya mengharapkan agar pemerintah bisa menyediakan alat pelindung diri atau APD seperti masker, hand sanitizer untuk masyarakat. Pihaknya mempersilahkan Pemkab menggunakan anggaran daerah, tentu sesuai dengan aturan yang ada.

Baca Juga:  Bupati Eka Serahkan Bantuan APD untuk Babinsa

Terlepas dari persoalan itu, pihaknya mengapresiasi langkah yang telah diambil Satgas Penanganan Covid-19 Tabanan serta jajaran Forkompimda dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Namun perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui yang sudah dijalankan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan dan mana yang belum. “Mari kita sama-sama evaluasi. Namun demikian saya mengapresiasi satgas dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas,” pungkasnya.

Kita akan mendorong agar pemerintah kabupaten Tabanan menjamin ketersediaan fasilitas yang diperlukan bagi tenaga kesehatan kita,” tegas Dirga.(mp/ka)

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here