Dewan Sidak Fasilitas Tabanan Command Center, Desak Segera Semua OPD Terintegrasi Dalam Sistem

229
Sidak Komisi I DPRD Tabanan ke Dinas Kominfo khususnya ke ruang TCC yang menyatu dengan rumah jabatan Bupati, Rabu (25/9/2019)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Kabupaten Tabanan sudah menerapkan  Tabanan Command Center (TCC) yang mengkoordinir sistem e-government. Sayangnya belum semua OPD di Tabanan memiliki aplikasi dan tidak semua yang terintegrasi dengan Tabanan Command Center (TCC).

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kerja Komisi I DPRD Tabanan ke Dinas Kominfo khususnya ke ruang TCC yang menyatu dengan rumah jabatan Bupati Tabanan, Rabu (25/9/2019).

Dalam kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Ni Nengah Sri Labantari dan Ketua Komisi I, I Putu Eka Putra Nurcahyadi tersebut, dewan sempat mencoba nmenggunakan aplikasi yang sudah tersedia dalam TCC.

Eka Putra Nurcahyadi dan rombongan  bahkan meminta penjelasan kepada  petugas di TCC  tentang sistem kerja TCC serta kapasitas server dan bandwith yang dimiliki. Dari penjelasan yang diberikan petugas bernama I Gusti Putu Winiantara, kapasitas server TCC sangat besar cukup untuk menampung semua aplikasi OPD di Tabanan.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Tersangka Pencuri Puluhan Perhiasan Emas Senilai Rp 50 Juta

Namun sayang belum semua OPD memiliki aplikasi yang terintegrasi dengan TCC dan baru ada tiga OPD yakni Bapelitbang, Bakeuda dan Perhubungan khususnya untuk uji kir yang sudah terintegrasi.

Hal ini kata Eka, dikarenakan Kominfo selain belum memiliki kepala difinitif, juga tidak memiliki kewenangan memerintahkan OPD lain untuk segera membuat aplikasi dan mengintegrasikan dengan TCC.

“Kominfo tidak ada kewenangan karena belum memiliki payung hukum mewajibkan OPD mengintegrasikan aplikasi mereka ke TCC,” ungkap Eka.

Terkait hal tersebut, Eka menegaskan, harus segera dibuat aturan berupa Perda tentang penerapan teknologi informatika berbasis elektronik. Nantinya semua OPD wajib membuat aplikasi dan diintegrasikan dengan TCC. Dengan demikian, masyarakat akan sangat dimudahkan untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Disdukcapil Tabanan Launching Delivery Service dan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Penerbitan Dokumen Kependudukan

“Harus segera dibuatkan payung hukum  berupa Perda, apalagi drafnya sudah ada, kami akan masukkan ke dalam program bapemperda menjadi salah satu prioritas,” tandasnya.

Terkait adanya program Tabanan dalam genggaman, masyarakat bisa mengunduh aplikasinya di play store dengan nama Tabanan Smart City melalui handphone yang dimiliki. Segala informasi di Tabanan mulai dari kuliner, tempat wisata, rumah sakit serta tempat lainnya termasuk pemerintahan dapat dilihat dalam satu aplikasi.

“Namun saya meminta database dilengkapi. Aplikasi Tabanan smartcity sangat bagus untuk memberikan segal informasi tentang tabanan kepada masyarakat hanya lewat HP, namun kedepan datanya harus terus ditambah dan diperbaharui,” tegasnya.(ka)