Dewan Tabanan, Menilai Pembelajaran Daring Belum Efektif

47
Rapat kerja anggota Komisi IV dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan membahas proses pembelajaran melalui media daring atau Online, Senin (27/7/2020)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – DPRD Kabupaten Tabanan menilai pelaksanaan pembelajaran daring belum efektif dan masih perlu dievaluasi kembali.Karena, dalam penerapanya masih ada keluhan dari masyarakat (orang tua murid), mulai terkendala sinyal jaringan yang kurang bagus dibeberapa daerah sampai ada beberapa anak didik belum memiliki HP Android.

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tabanan, I Gusti Komang Wastana, Senin,(27/7/2020) disela pelaksanaan Rapat kerja anggota Komisi IV dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan membahas proses pembelajaran melalui media daring  atau Online menyampaikan, perlu dievaluasi kembali dalam upaya peningkatan belajar daring ditengah kondisi pandemi Covid-19

“Dari evaluasi yang telah kami lakukan, ada beberapa kelemahan dari belajar daring tersebut.Mulai dari masalah jaringan, kendala ekonomi yang akhirnya menyebabkan beberapa anak didik tidak memiliki HP android sampai  masih ada juga yang belum paham teknologi,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Buleleng Terima Hibah Aset Jaringan Air Minum dari Kementerian PUPR

Mungkin salah satu langkah dapat dilakukan misalnya,melakukan pendataan ada berapa jumlah anak didik belum memiliki HP android dan berapa persen sudah.

“Bisa dilakukan pendataan langsung ke para anak didik terkait kepemilikan HP android contohnya,” ujarnya.

Maka dari itu, perlu di evaluasi kembali sistem belajar melalui media daring di Tabanan agar benar-benar bisa lebih inovatif.

“Kita dorong, support  serta memberi apresiasi mereka (Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan) agar semakin semangat salah satunya dengan mengumpulkan kepala sekolah agar bergotong royong dalam upaya mempersiapkan sistem pendidikan di New Normal saat ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Restorasi Rumah Ibunda Bung Karno Diharapkan Menyerupai Aslinya

Komisi IV DPRD Tabanan dalam hal ini, tentu selalu mengawasi sistem pendidikan di Kabupaten Tabanan agar bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

“Bagaimanapun juga, pendidikan merupakan pondasinya negara guna menciptakan anak-anak yang cerdas,” katanya

Sembari Dirinya sedikit menambahkan, para Guru dituntut juga agar lebih melek teknologi di era saat ini.

Menangapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Nyoman Putra dalam kesempatan yang sama menyampaikan, terimakasih atas segala masukan telah diberikan. Dan kedepan akan melakukan koordinasi kembali, guna membahas apa yang selama ini masih menjadi kendala dihadapi para anak didik maupun orang tua anak didik di Kabupaten Tabanan.(*mp)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here