Di Nusa Penida, Rai Mantra Pertegas Kembali Tolak Reklamasi dan Tingkatkan Bantuan Desa Adat

60
foto - ist - Cagub Rai Mantra kembali menegaskan komitmennya di antaranya terkait keseriusan bersama pasangannya Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), dalam merawat dan melestarikan lembaga tradisional di Bali, seperti Desa Pakraman, Banjar dan Subak.

KLUNGKUNG, MEDIAPELANGI.com – Dalam kampanye di hadapan ribuan warga Nusa Penida yang hadir, Rai Mantra kembali menegaskan komitmennya terkait masa depan masyakarat, alam, dan budaya Bali. Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Nomor Urut 2, Nyoman Suwirta dan Made Kasta (Suwasta) menegaskan hal itu saat menghadiri kampanye di GOR Nusa Penida, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Selasa (8/5/2018).

Di hadapan ribuan warga Nusa Penida yang hadir, Rai Mantra kembali menegaskan komitmennya di antaranya terkait keseriusan bersama pasangannya Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), dalam merawat dan melestarikan lembaga tradisional di Bali, seperti Desa Pakraman, Banjar dan Subak.

Khusus untuk Desa Pakraman, Mantra-Kerta berkomitmen mengucurkan bantuan sebesar Rp 500 juta tiap tahunnya untuk masing-masing Desa Pakraman. Adapun saat ini, bantuan untuk Desa Pakraman sebesar Rp225 juga per tahun. Untuk bantuan bagi Desa Pakraman ini, Mantra-Kerta juga sudah membuat kontrak politik sebagai bukti komitmennya, yang ditandatangani di atas meterai 6000, pada tanggal (5/5/2018).

Selain itu, Rai Mantra juga menegaskan komitmennya untuk menjaga alam dan masyarakat Bali. Salah satunya adalah dengan sikap tegas menolak reklamasi Teluk Benoa. “Tanggal 5 Mei kemarin, saya bersama Pak Sudikerta sudah menandatangani surat untuk Presiden Jokowi, terkait sikap kami menolak reklamasi Teluk Benoa. Surat tersebut sudah diterima pihak Istana Presiden, tanggal 7 Mei kemarin,” jelas Rai Mantra.

Selain surat kepada Presiden Jokowi, Mantra-Kerta juga membuat kontrak politik sebagai bukti komitmennya menolak reklamasi Teluk Benoa, yang ditandatangani di atas meterai 6000, pada hari yang sama. Kedua kontrak politik ini pun, diserahkan kepada warga Nusa Penida, yang diwakili Nengah Setar, tokoh masyarakat setempat, dalam kampanye yang dihadiri Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali Ida Bagus Putu Sukarta dan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Klungkung Wayan Baru ini.(nwm)